BBKSDA Riau Turunkan Tim Lacak Harimau di Kampar

Jejak-harimau-di-kebun-karet-desa-koto-tuo.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau terus menyelidiki temuan jejak-jejak harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) di areal perkebunan karet Desa Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar.

Keberadaan jejak-jejak harimau yang diperirakan berusia dewasa dan lebih dari satu ekor itu ditemukan warga pada awal pekan lalu.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono di Pekanbaru, Selasa, 10 Juli 2018 mengatakan tim reaksi cepat tersebut saat ini tengah berada di lokasi untuk menggali informasi dari masyarakat.

"Memang dari pengecekan sementara, ditemukan jejak-jejak diduga harimau sumatera. Kita masih terus mendalami temua itu," katanya.

Dia mengatakan sedikitnya ada dua titik temuan jejak harimau di sekitar lokasi tersebut. Diperkirakan jejak tersebut diduga berasal dari harimau sumatera dewasa.

Sementara itu, selain terus menyelidiki keberadaan satwa dilindungi dari temuan jejak-jejak tersebut, tim BBKSDA Riau juga berusaha meredam masyarakat untuk tidak bertindak di luar ketentuan.

"Kita meminta agar masyarakat tidak perlu panik dan memberikan pemahaman tindakan yang tepat apabila berjumpa dengan harimau," ujarnya.

Lebih jauh, BBKSDA Riau bersama masyarakat juga rencananya akan memasang perangkap harimau dengan umpan berupa daging disekitar temuan jejak tersebut. (**)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id