Orangtua Antre di Hari Pertama Penerimaan Murid Baru SD dan SMP Pelalawan

Ilustrasi-Sekolah.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SD dan SMP di Kabupaten Pelalawan mulai dibuka hari ini, Senin, 25 Juni 2018.

Sejak pagi orangtua siswa telah mengantre untuk mengambil formulir pendaftaran. Salah satunya tampak di SMP Negeri 1 Pangkalan Kerinci.

Seorang warga Marsinah (42), mengaku sudah datang pagi-pagi, bahkan sejak gerbang sekolah dibuka. "Kami sudah mulai pagi-pagi tadi disini. Gerbang pun belum dibuka, kami udah disini mau ngambil formulir," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Disdik Pelalawan Syafruddin, menuturkan, PPDB akan digelar serentak di seluruh Kabupaten Pelalawan selama tiga hari, yakni hingga Rabu, 27 Juni 2018 dan dilaksanakan langsung di sekolah masing-masing. Namun, jadwal penerimaan murid baru ini hanya berlaku untuk tingkat SD dan SMP negeri.

"PPDB itu serentak untuk seluruh kabupaten dan kota di Riau. Untuk persoalan teknisnya akan kembali dirapatkan," ungkap Syafruddin, Jumat, 22 Juni 2018. 

Syafrudin mengatakan pihaknya akan mengontrol serta mengawasi proses penerimaan murid baru langsung ke sekolah.

"Ini kami sedang rapat tentang PPDB. Selepas ini kita akan turun ke sekolah-sekolah untuk melihat langsung. Bagaimana supaya semuanya berjalan lancar," ungkap Syafruddin.

Secara teknis, kata dia, penerimaan murid baru diserahkan seluruhnya kepada pihak sekolah. Namun, ia menegaskan, proses ini tidak ada pungutan sesuai dengan petunjuk Disdik sebelumnya. Pasalnya, semua biaya telah ditanggung dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan anggaran lainnya.

"Semuanya gratis, tak ada biaya. Kalau ada ketahuan lakukan pungutan liar, akan langsung dicopot," tukasnya. (****)