Agar Tidak Kebablasan, Ini Tips Kendalikan THR Tidak Cepat Habis

THR.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Bagi setiap karyawan swasta maupun pegawai negeri tentunya sangat menunggu Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang hari lebaran Idul Fitri. Dengan uang THR ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan menjelang lebaran baik itu keperluan rumah tangga maupun penampilan, terutama untuk keperluan mudik. Namun keberadaan THR pada saat lebaran ini kerap kali membuat orang kalap sehingga membelanjakan uang untuk urusan yang kurang penting. Untuk itu, perlu pengelolaan uang yang tepat sehingga THR tidak habis begitu saja.

Disampaikan Presiden Direktur Sun Life, Elin Waty, berdasarkan data yang ia dapat, generasi muda justru tidak terlalu pandai dalam mengelola keuangan terutama dalam mengatur kemampuan finansial untuk kebutuhan jangka panjang.

"Pengelolaan keuangan dari generasi muda saat ini lebih cenderung untuk kebutuhan jangka pendek, seperti untuk liburan dan leisure," kata dia dalam peluncuran Kampanye Komunikasi #LebihBaikSekarang di Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Berikut adalah beberapa tips mengelola THR agar tak cepat habis dari Sun Life seperti dirangkum Suara.com.

1. Pisahkan gaji dan THR
Hal pertama yang harus dilakukan begitu menerima THR adalah memisahkannya dari gaji bulanan. Gunakan gaji pokok Anda untuk biaya kebutuhan bulanan seperti biasa, lalu gunakan THR untuk biaya pengeluaran ekstra saat hari raya nanti.

2. Siapkan keperluan mudik
Mudik saat hari raya adalah tradisi yang erat dengan masyarakat Indonesia. Mengingat biaya mudik yang tidak sedikit, Anda harus mempersiapkannya sejak jauh hari, bahkan sebelum menerima THR. Jika kurang, Anda bisa menggunakan THR untuk memenuhi keperluan mudik ke kampung halaman tercinta.

3. Lunasi utang dan cicilan
THR bisa menjadi alternatif kesempatan untuk membenahi masalah keuangan yang mungkin sulit tertutupi dari pendapatan bulanan. Anda bisa menyisihkan uang tunjangan ini untuk melunasi utang atau cicilan yang Anda punya untuk meringankan beban di depan.

4. Sisihkan untuk zakat dan sedekah
Jadikan hari raya sebagai momen untuk berbagi dengan sesama yang kurang beruntung. Sisihkan sebagian uang tunjangan Anda untuk sedekah dan membayar zakat agar Idul Fitri terasa lebih indah dengan membahagiakan sesama manusia. Selamat mengelola uang THR.

Artikel ini lebih dulu terbit di Suara.com jejaringan RIAUONLINE.CO.ID dengan judul: Begini Triknya Agar THR Tidak Cepat Habis.