Bangun Duri Islamic Center, Dewan Harap Bisa Seperti di Rohul

Islamic-Center-Rohul.jpg
(Mari Membaca.com)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Komisi II DPRD Bengkalis membidangi Infrastruktur berharap pembangunan Duri Islamic Center bisa seperti Islamic Center yang ada di Pasir Pangaraian, Rokan Hulu.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota Komisi II, Abi Bahrun. Menurutnya, pembangunan Duri Islamic Center ini bisa meningkatkan perkembangan Duri terutama di sekitar lokasi pembangunan ini.

"Area pembangunannya kan di Desa Petani, cukup jauh dari pusat keramaian, kita berharap dengan adanya DIC, daerah ini akan ikut maju," ujar Politisi PKS ini, Selasa, 15 Mei 2018

Selain itu, menurut Abi, pembangunan DIC ini akan berdampak kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan meningkat karena akan mendatangkan banyak wisatawan.

"Kalau ada Islamic Center, kan banyak wisatawan yang berkunjung ke Duri, di sana perekonomian masyarakat sekitar tentu akan meningkat," tambah Anggota DPRD yang juga berasal dari Duri ini.

Lebih lanjut, DIC ini juga akan diharapkan bisa menjadi ikon yang sangat membanggakan kota Duri, sebab selama ini Duri hanya identik dengan "Kota Minyak".

"Ini kan juga bisa menjadi ikon baru untuk Duri, jadi kalau DIC ini bisa seperti yang diharapkan, maka nama Duri juga akan lebih dikenal lagi, selama ini kan Duri hanya dikenal sebagai kota minyak," harap Abi.

Mengenai sejauh mana perkembangan pembangunan ini, Abi menerangkan sudah masuk dalam tahap lelang oleh Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis sehingga tahun ini sudah bisa dimulai pembangunannya.

"Proyek ini sistemnya multiyears, kita akan anggarkan hingga 2021, Insya Allah tahun ini sudah akan mulai dibangun," tutup Abi.

Sebelumnya, Rombongan Pemkab Bengkalis sudah melakukan kajian ke Islamic Center Pasir Pangaraian Rohul guna mempelajari keberhasilan Pemkab setempat dalam memaksimalkan destinasi wisata andalan Rohul tersebut.

"Kunjungan kami ini guna menindaklanjuti rencana dimaksud. Untuk belajar tentang banyak hal di Islamic Center Pasir Pangaraiannya. Karena sesuai banyak informasi yang kami peroleh, bukan hanya pembangunan atau fisik bangunannya, pengelolaan operasional Islamic Center Pasir Pangaraian ini sangat baik," jelas Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami HY, beberapa waktu yang lalu.