Abu Ibrahim, Napi Teroris yang Tewas Dikenal Warga Pandau Sebagai Tukang Listrik

Penangkapan-Terduga-Teroris-di-Pandau-Permai.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Seorang tahanan teroris bernama Abu Ibrahim alias Beny Samsu, tewas dalam kerusahan di Mako Brimob, Depok, Selasa, 8 Mei 2018 lalu. 

Bersama empat rekannya, Abu Ibrahim disebut bagian dari jaringan Jamaah Ansor Daulah (JAD). Ia ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di Jalan Kopkar Raya, Perumahan Gading Permai, Pekanbaru, Selasa, 24 Oktober 2017 lalu sekira pukul 07.15 WIB.

Ketika itu, Densus 88 dibantu Polda Riau turut menggeladah rumah milik Abu Ibrahim, terduga teroris di Perumahan Pandau Permai, Jalan Giam XII, Kabupaten Kampar. Kedatangan petugas bersenjata lengkap itu mengejutkan warga sekitar.

Baca Juga: 

Densus 88 Tangkap Wawan Alias Abu Afif, Amir JAD Riau

Pagi-Pagi, Densus 88 Mabes Polri Ciduk 2 Terduga Teroris Di Pandau Permai

Masyarakat yang penasaran langsung berkerumun di depan rumah bercat oranye itu. Dari hasil penggeledahan, petugas mengamankan sejumlah barang bukti berupa dokumen dan kabel yang dimuat di dalam koper.

RIAUONLINE.CO.ID sempat memantau aksi penggeledahan yang dilakukan oleh Densus tersebut. Warga sekitar tidak menduga sama sekali Beny Samsu terlibat aksi terorisme. Ketua RT setempat Zainal Abidin mengatakan, selama enam bulan mengontrak rumah tersebut, tidak ada hal yang mencurigakan dari dirinya.

"Tidak sedikitpun mencurigakan, makanya kita terkejut ketika mendengar dia ditangkap," kata Zainal Abidin, seusai menyaksikan penggeledahan itu.

Kepada Zainal, Beny Samsu pernah mengaku sebagai pekerja instalasi listrik. "Dia sempat mengaku kerja masang jaringan listrik," ujarnya.

 

Abu Ibrahim dibekuk di Jalan Kopkar Raya, Perumahan Gading Permai, Pekanbaru, Selasa, 24 November 2017 pukul 07.15 WIB. Saat itu, polisi juga menangkap terduga teroris Yoyok Handoko alias Abu Zaid (42) di Indomaret Jalan Bukit Barisan, Pekanbaru pukul 06.00 WIB.

Selanjutnya, tim Densus kembali menyergap tersangka Wawan alias Abu Afif (42) pada pukul 07.15 WIB, di Jalan Kopkar Raya, Perumahan Pandau Permai, Pekanbaru, Riau.

Pada pukul 10.30 WIB, polisi menangkap tersangka atas nama Handoko alias Abu Buchory di rumahnya, Perumahan Griya Taman Anggrek, Rambah Jaya, Siak Hulu Bukang Raya, Kampar, Riau.

Klik Juga: 

Lima Terduga Teroris Diringkus Dalam Waktu Tiga Jam

Densus 88 Bekuk 4 Teroris Di Riau, Salah Satunya Tersangka Pembakar Polres Damasraya

Kemudian pada pukul 12.30 WIB, ditangkap Nanang Kurniawan alias Abu Aisha di gang menuju rumahnya, Jl Kubang Raya Km 5 Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

Kelimanya pernah mengikuti latihan fisik persiapan teror (i'dad) dan latihan menembak di Bukit Gema, Kabupaten Kampar.

"Yoyok Handoko alias Abu Zaid merupakan salah satu yang ikut dalam i'dad di Bukit Gema, Kabupaten Kampar, Riau. Wawan alias Abu Afif memimpin baiat pada i'dad di Bukit Gema," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto, Selasa, 24 November 2017 melansir detikcom, Kamis, 10 Mei 2018.

Beny Syamsu Trisno alias Abu Ibrahim dan Handoko alias Abu Buchori juga mengikuti latihan menembak di Jambi. Namun, tak dijelaskan kapan latihan itu dilakukan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id