Terima Hibah Gedung, Kejati Riau Jamin Tetap Independen

Kantor-Kejati-Riau.jpg
(KEJATI RIAU.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau memastikan tetap menjaga independensi meskipun menerima hibah pembangunan gedung dari Pemerintah Provinsi Riau.

Pembangunan gedung setinggi tujuh lantai tersebut dianggarkan melalui APBD 2018.

"Sedikitpun saya tidak akan terpengaruh. Saya melihat ini uang negara, uang daerah untuk negara juga, Kejaksaan Tinggi. Jadi tidak ada masalah," kata Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Uung Abdul Syakur di Pekanbaru, Senin, 2 April 2018.

Uung mengatakan hal tersebut setelah pihaknya bersama dengan Pemprov Riau dan kontraktor Hutama Karya menandatangani kesepahaman pekerjaan fisik pembangunan Gedung Kejati Riau.

Pembangunan gedung setinggi tujuh lantai tersebut dianggarkan Pemerintah Provinsi Riau pada APBD 2018 sebesar Rp92 miliar lebih. Sesuai jadwal, pembangunan yang telah dimulai sejak triwulan pertama 2018 tersebut akan selesai pada Desember mendatang.

Uung menegaskan bahwa Kejati Riau tidak perlu dipertanyakan independesinya meskipun menerima hibah pembangunan tersebut. Dia mengatakan tidak ada yang salah sebagai lembaga penegak hukum menerima hibah dari pemerintah daerah.

"Ini hibah bukan dari person, tapi institusi pemerintah provinsi, sehingga bagi kami bukan sebuah masalah dan kami jamin independensi kami," ujarnya.

Lebih jauh, Uung mengatakan bahwa anggaran kejaksaan merupakan yang paling kecil diantara penegak hukum lainnya di Indonesia. Sebagai gambaran, setiap tahun dia mengatakan Kejati Riau dan seluruh Kejaksaan Negeri di wilayah itu hanya memperoleh dana sebesar Rp90 miliar untuk operasional.

"Kejati dan seluruh Kejari satu tahun Rp90 miliar. Kita sangat-sangat kurang," ujarnya.

Untuk itu, Uung berterima kasih kepada Pemprov Riau dan masyarakat bumi Lancang Kuning karena telah membantu Kejaksaan Tinggi Riau dalam membangun gedung yang dia nilai sudah tidak lagi representatif saat ini.

"Sangat terima kasih pada Pemprov dan masyarakat Riau yang sudah berikan bantuan dana APBD untuk pembangunan gedung kantor kami," tuturnya. (**)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id