Aktual, Independen dan Terpercaya


Kampanye di Duri, Syamsuar Janji Pemekaran Mandau Jadi Prioritas

Kampanye-Syamsuar-di-Duri.jpg
(Effendi)

LAPORAN: EFFENDI

RIAU ONLINE, DURI - Calon gubernur Riau Syamsuar mengatakan pemekaran Kota atau Kabupaten Duri ataupun Kabupaten Mandau namanya menjadi prioritas kerja nantinya jika dipercaya menjadi Gubernur Riau.

"Tak hanya pemekaran Kabupatan Mandau, tapi Kabupaten Indragiri Hilir Selatan (Insel) juga menjadi bagian prioritas kerja nanti karena daerah ini cukup luas,” ungkap Syamsuar.

Hal itu disampaikan Syamsuar menjawab aspirasi masyarakat saat kampamye dialogis di Markaz PKS Duri, Rabu 28 Februari 2018.

“Yang jelas jika kita berjuang bersama, InshaAllah bisa terwujudkan keinginan ini. Apalagi, jika pemekaran itu demi kesejahteraan masyarakat dan tidak bertentangan dengan hukum, kenapa tidak kita perjuangkan,” ucap Syamsuar yang disambut tepuk tangan dari 500 masyarakat yang hadir.

Sebelumnya, dalam kampanye dialogis tersebut, tokoh agama dan tokoh masyarakat Duri, Buya Hamka menyampaikan selama ini masyarakat Duri merasa di anak tirikan. Selama ini, masyarakat di tiga Kecamatan, yakni Mandau, Bathin Selapan, dan Pinggir, minta pemekaran .

"Seandainya Pak Syamsuar jadi Gubernur Riau, apakah Duri ini bisa dijadikan daerah otonomi, Kota Duri?" ujar Buya Hamka bertanya.

"Dulu Kami berharap kepada Anas Makmun, terbentuknya Kabupaten Mandau. Namun apalah daya, asa itu punah lantaran Atuk Anas hanya tujuh bulan menjabat sebagai Gubernur Riau, bermasalah dengan hukum," sambungnya.

Persoalan pemekaran Kabupaten Mandau yang sempat redup itu, kini diharapkan dapat segera terwujud ditangan cagubri H Syamsuar. Menurut Buya Hamka juga, masyarakat di Duri merasa dianak tirikan. Alasannya, perjuangan pemekaran Kabupaten Mandau sudah jauh hari didengungkan, bahkan sebelum pemekaran Kabupaten Siak, pemekaran itu sudah diperjuaangkan. Namun, perjuangan yang sudah sampai ke DPR RI, sampai saat ini tak kunjung kejelasannya.

Selain bertanya masalah pemekaran Kabupaten Mandau, Buya Hamka juga menyampaikan kepada Syamsuar, jika menjadi Gubernur Riau, maka perhatikan pesantren dan madrasah di Riau ini.

Sebelum melontarkan dua pertanyaan itu, Buya Hamka sempat mengatakan, bahwa dulu dia pendukung Pak Annas Makmun dan menang.

“Semoga juga Pak Syamsuar yang saya dukung ini juga menang,” ujar Buya Hamka.

Pertanyaan pemekaran Kabupaten Mandau, juga sempat ditanyakan Ketua FPI Duri, H Simamora.

Adapun alasannya mendukung Syamsuar karana apabila gubernurnya Syamsuar-Edy Natar Nasution, Insya Allah Riau menjadi negeri yang berwarmawah dan bermartabat. (2)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id