Jadi Incident Commander, Plt Danrem: Tinjau Kembali Embung dan Sekat Kanal

rAPAT-koordinasi1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau mengambil langkah cepat dalam mengantisipasi Karhutla dengan menggelar Rapat Koordinasi Penetapan Status Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Karhutla.

Dalam rapat tersebut Plt Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, secara resmi menunjuk Plt Danrem 031/WB Kol Czi I Nyoman Parwata sebagai Incident Commander .

Dalam penyampaiannya, I Nyoman mengatakan bahwa pencegahan Karhutla harus dilakukan sedini mungkin, dan pembuatan serta pemeliharaan embung dan sekat kanal harus segera ditinjau kembali agar dalam pemadaman Satgas tidak kekurangan sumber air di lapangan.

"Water boombing embung dan sekat kanal terbukti sangat efektif di lapangan, dan ini juga harus didukung dengan alat dan prasarana," tambahnya.

Baca Juga Lagi, Tiga Titik Api Terdeteksi Di Siak Dan Rohil Pagi Ini

Untuk itu, dilanjutkan I Nyoman, dalam mengatasi bencana Karhutla, ia meminta masyarakat dan perusahaan yang berada di daerah berpotensi Karhutla bisa mempersiapkan segala alat dan prasarana dalam upaya antisipasi.

Peningkatan status ini diambil karena dalam beberapa hari terakhir, terjadi kebakaran hutan di beberapa daerah di Provinsi Riau, bahkan 3 Kabupaten sudah menetapkan status siaga darurat penanggulangan bencana Karhutla yaitu Pelalawan, Bengkalis dan Inhil.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Provinsi Riau, Danlanud RSN, Kabinda Riau, perwakilan Kapolda Riau dan unsur terkait lainnya baik dari pemerintahan maupun perusahaan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id