Gubernur Riau Bertekad Riau Berintegritas dan Bebas Korupsi

Gubernur-Riau-Hadiri-Acara.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tak ada satupun sebuah negara di dunia menginginkan korupsi berkembang di wilayahnya, termasuk di Provinsi Riau. Berbagai cara dan upaya pun dilakukan untuk menghilangkannya, termasuk kolusi dan nepotisme.

Namun ketiga itu masih saja dapat ditemuai bahkan sudah masuk kesegala lini. Seperti Pemerintah maupun swasta. Akhirnya sebuah langkah nyata dilakukan agar kejahatan itu tidak lagi dilakukan. Salah satunya yaitu melalui Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Sistem ini dapat mencegah tindak pidana korupsi yang dilakukan secara sistematis pada Pemerintah yang berhubungan hingga mengarah kepada Pemerintah Daerah.

Jika ini dilakukan secara efektif, maka dampaknya akan dapat memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Jika berbicara tentang undang-undang, terdapat PP 60 Tahun 2008 mewajibkan Menteri atau pimpinan lembaga, Gubernur dan Bupati atau Walikota untuk melakukan pengendalian terhadap penyelenggaraan kegiatan pemerintahannya.

Selain itu, Presiden juga turut memberikan perhatian yang besar terhadap penyelenggaran SPIP ini sehingga menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2014 tentang peningkatan kualitas sistem pengendalian.

Upaya dilakukan dengan mengintensifkan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang berada di lingkungan Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan kualitas, transparansi dan akuntabilitas.

"Kami mohon dukungan dari BPKP, KPK, Kemendagri dan APH untuk mendukung mewujudkan Provinsi Riau yang bebas dari korupsi," kata Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Rabu, 27 September 2017.

Sehingga dirinya berkomitmen agar SPIP akan terus ditingkatkan demi membaiknya kuntabilitas, Keuangan Negara dan Daerah.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id