Ini Siasat Jitu Pemprov Demi Kemajuan UMKM Riau

Garuda-Travel-Fair-2017.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - 1001 macam cara terus diupayakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam meningkatkan pariwisata berbasis budaya. Satu diantaranya dengan menjembatani hubungan antara Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan salah satu maskapai ternama di Indonesia, Garuda Indonesia (GI).

Kerja sama dengan maskapai plat merah ini dinilai sangat mendukung kemajuan UMKM di Riau. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau mempersatukan kedua unit usaha ini dan mempertemukannya dengan salah satu bank ternama di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Hasilnya kolaborasi dari tiga unit usaha ini pun akhirnya mampu menghasilkan suatu trobosan baru dengan tujuan meningkatkan pariwisata Riau khususnya peningkatan ekonomi yang tentunya berbasis budaya.

"Jadi, mereka ini (Garuda Indonesia Travel Fair 2017) telah membuka peluang bagi para usahawan. Itu nyata telah membuka pintu. Mereka disana mengajarkan dan mengajak UMKM dan jasa-jasa seperti pariwisata dan lain sebagainya untuk meningkatkan ekonomi berbasis budaya," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau, Fahmizal di Atrium Kampar Mal SKA Pekanbaru, Jumat, 22 September 2017.

Para pengusaha lokal seperti perjalanan haji dan umrah, perhotelan sampai pada unit usaha milik negara pun ikut berpartisipasi didalamnya.

"Sehingga Garuda Trafel Fair (GTF) 2017 ini juga merupakan tempat ajang bagi promosi usaha lokal yang ada di Riau,"imbuhnya.

Selain itu, GI selaku panitia juga memberikan penawaran potongan harga spesial yang tentunya sayang untuk dilewatkan oleh masyarakat yang akan melakukan perjalanan udaranya.

Dengan beragam tawaran ini, sangat masuk akal jika dalam acara Garuda Travel Fair ini mampu mencatatkan angka penjualan sebesar Rp 6 miliyar dengan 20 ribu pengunjung selama tiga hari berjalan.