ÔĽŅ

Satgas Riau Pantau Titik Api Pakai Jet Tempur

Jet-tempur-pantau-titik-api.jpg
(Lanud Roesmin Nurjadin)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekali mendayung, dua, tiga pulau terlewati. Pribahasa lama ini tepat disamatkan kepada satgas udara kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn).

Dengan menurunkan pesawat tempur milik Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) F-16, lokasi lahan yang terbakar berada di wilayah Tapung, Kabupaten Kampar bisa dengan cepat diketahui. Padahal, jet tempur skadrown udara 16 Lanud Rsn.ini sedang melaksanakan latihan rutin.

"Bersamaan dengan pelaksanaan latihan rutin, pesawat F-16 dari Skadron Udara 16 kami menemukan adanya lahan terbakar yang berada di wilayah Tapung, Kabupaten Kampar," kata Danlanud Rsn Marsma TNI TBH Age Wiraksono, Rabu, 26 Oktober 2017.

Penemuan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ini langsung diteruskan langsung kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau untuk diambil langkah pemadaman.

Apa yang dilakukan oleh Lanud Rsn ini telah sesuai dengan perintah Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto agar senantiasa melaksanakan upaya-upaya untuk mencegah terjadinya Karhutla di Provinsi Riau.

Pada kesempatan yang berbeda, Danskadron Udara 16 Letkol Pnb Nur Alimi mengatakan bahwa pemantauan udara ini dilakukan setiap hari ditambah dengan latihan rutin dengan cangkupan seluruh wilayah Riau.

"Area pantauan sendiri meliputi seluruh wilayah di Provinsi Riau. Itu juga merupakan area latihan terbang bagi pesawat tempur bagi kami,"tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online, 

Follow Instagram riauonline.co.id