Ini Tujuan Bawaslu Riau Panggil 5 Kadis yang Diduga Terlibat Politik Praktis

Ketua-Bawaslu-Riau-Rusidi-Rusdan.jpg
(Hasbulah Tanjung)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Terkait dipanggilnya lima Kepala Dinas (Kadis) oleh Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau, Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan mengatakan bahwa pihaknya ingin mengetahui seperti apa motif dan tujuan para kadis ini mengikuti acara tersebut.

Sebelumnya, Bawaslu Riau menemukan keterlibatan lima Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kegiatan Rakerda salah satu Partai di Hotel Sapadia, Pasir Pangaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Riau pada 27 September 2017 silam.

Baca: Bawaslu Panggil 5 Kadis Yang Hadir Di Rakerda Golkar

Kelima Kadis yang akan diklarifikasi itu ialah Kadis Pekerjaan Umum Riau, Dadang Eko Purwanto, Kadis Pendidikan, Rudianto, Kadis Perkebunan, Feri HC, Kadis Kesehatan, Mimi Yulianti Nazir, dan Plt. Kadis Perhubungan, Rahmad Rahim.

"Kita sebenarnya ingin mengetahui apa dasar mereka datang kesana. Seperti jadwal materi dan apa saja yang disampaikan dalam Rakerda tersebut,"katanya di kantornya, Senin, 9 Oktober 2017.

Baca ini: 

Lima Pejabat Pemprov Riau Hadir Di Rakerda Golkar, Bawaslu: Apa Mereka Ajudan...

Ayo Kawal Pilgubri 2018. Ini Tahapannya

Menurut dirinya aksi dari ASN ini termasuk didalam politik praktis.. Karena di lokasi mereka tak menggunakan pakaian dinas dan melakukan foto-foto yang dianggapnya tidak mencerminkan seorang abdi negara. Berbeda jika mereka mengisi materi.

"Kalau memberikan materi itu sah-sah saja. Berbeda dengan politik praktis,"imbuhnya. Untuk hasilnya, Bawalsu Riau akan meneruskannya berupa rekomendasi ke pihak yang benar-benar berwenang.

"Untuk hasilnya kita tidak seperti memberikan sanksi. Tetapi lebih pada rekomendasi. Itu seperti ke pihak yang berwenang. Bisa saja tembuskan ke Menpan RB, Komisi ASN di Jakarta, Inspektorat Jenderal Mendagri,"
Katanya kembali.

"Ini semua akan kita sampaikan ke pemangku kepentingan dibidang ASN. Kita hanya menyampaikan saja. Kalau sanksi bukan dari kita," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id