Bupati Wardan Minta Peran Serta Alumni Universitas Riau di Inhil Ditingkatkan

Pelantikan-IKA-Unri-Indragiri-Hilir.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: DEDY PURWADI 

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengharapkan kontribusi lebih besar lagi dari para alumni Universitas Riau (IKA UR) dalam pembangunan kabupaten berjuluk Hamparan Kelapa Dunia ini.

Harapan ini disampaikan Bupati Wardan saat pelantikan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA UR) Kabupaten Inhil, Rabu malam, 30 Agustus 2017, di Gedung Telaga Puri, Tembilahan. 

"Eksistensi IKA UR dapat berperan sebagai pemberi masukan dan diskusi dalam rangka pengembangan program pembangunan di Kabupaten Inhil," ungkapnya.

Menurutnya, Inhil merupakan daerah memiliki potensi luar biasa, khususnya di bidang pertanian dengan areal persawahan sangat luas untuk produksi padi. Apabila terus dikembangkan berpeluang menjadikan Inhil sebagai daerah swasembada pangan di Riau. Maka, sangat diperlukan kontribusi pemikiran dari Universitas Riau bagi pengembangan berbagai potensi di Inhil ini," katanya. 

"Dengan begitu, kehadiran Ika UR akan mampu pula memberikan dan membangun semangat baru bagi kami (pemerintah dan masyarakat) di Kabupaten Inhil," tutur Wardan.

Ketua IKA UR Kabupaten Inhil, Said Syarifuddin menyatakan, komitmennya untuk terus melakukan inventarisasi terhadap para alumni Universitas Riau, terutama berasal dari Inhil saat ini tersebar di beberapa wilayah di Indonesia bahkan luar Negeri.

"Dengan telah resmi dilantiknya kepengurusan IKA UR. Saya selaku Ketua bersama para pengurus lainnya akan terus berupaya mengidentifikasi dan menginventarisir para alumnus Universitas Riau lainnya tersebar di pelosok Indonesia bahkan juga penjuru dunia," imbuh Said.

Tujuan identifikasi dan inventarisir dilakukan, kata Said Syarifuddin, sebagai langkah pengembangan organisasi, tidak hanya mencakup wilayah Riau, namun juga seluruh Indonesia bahkan mancanegara.

"Sejauh ini jumlah alumnus masuk dalam pendataan organisasi 1.863 orang. Pendataan akan terus dilakukan. Sebab, IKA UR bertekad mengembangkan sayap organisasi kepengurusannya ke daerah-daerah provinsi lain di Indonesia. Alumnus Universitas Riau tersebar di berbagai daerah, bahkan mancanegara dengan jenjang pekerjaan yang juga bervariasi," jelasnya. 

Ketua Umum IKA UR, Ahmad Hijazi, mengatakan, kepengurusan IKA UR Inhil merupakan kepengurusan tingkat Kabupate dan Kota perdana melaksanakan pelantikan.

Sebagai Kepengurusan setingkat kabupaten dan kota pertama dilantik, Ahmad Hijazi berharap, IKA UR Inhil menunjukkan kiprah dan eksistensinya ke depan.

"Kiprah diharapkan juga harus berorientasi lintas almamater, jadi tidak cuma dalam ruang lingkup sesama almamater saja. Juga, Ika UR Kabupaten Inhil harus mampu membangun, menunjukkan eksistensinya kepada semua komponen," harap Ahmad Hijazi.

Ahmad Hijazi juga mengharapkan, adanya sinergitas dijalin antara IKA UR Inhil sebagai organisasi dengan Pemerintah serta masyarakat guna memajukan daerah, terutama pendidikan.

"Karena majunya satu daerah, salah satunya diindikasikan dengan kemajuan kualitas dunia pendidikan di daerah itu sendiri. Kualitas dunia pendidikan itu berbanding lurus dengan kualitas SDM dari para alumni Universitas Riau yang dihasilkan di masing - masing institusi pendidikan di daerah setempat," terang Ahmad Hijazi.

Pada pelantikan ini turut dihadiri Rektor Universitas Riau Prof Aras Mulyadi dan beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Inhil yang juga merupakan para alumni dan pengurus IKA UR Kabupaten Inhil. (Adv)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline