Keren, Mahasiswa Teknik Geologi UIR Kuliah Lapangan Petrologi di Lubuk Jambi

Kuliah-Lapangan-UIR1.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE - Sebanyak 28 mahasiswa Teknik Geologi Angkatan 2016 dan 6 asisten laboratorium Universitas Islam Riau menggelar kuliah lapangan Petrologi di kawasan Lubuh Jambi, Taluk Kuantan, Selasa, 2 Mei 2017.

Dalam kegiata kuliah lapangan Petrologi di bawah mata kuliah ampuan dosen Catur Cahyaningsih itu, mahasiswa didampingi oleh dosen tamu Adi Suryadi.

Mahasiswa melakukan serangkaian kegiatan mulai dari mengobserbvasi serta mendeskripsikan batuan sedimen, beku dan metamorf di kawasan tersebut. Salain itu kegiatan ini juga mencakup teknik sketsa singkapan batuan, serta mengenali jenis mineral di dalam batuan, presentasi di lapangan sebagai bentuk evaluasi dan pertanggungjawaban.

Catur Cahyaningsih mengatakan kuliah lapangan petrologi sangat penting bagi mahasiswa Teknik Geologi, yang mana merupakan ilmu dasar yang mempelajari batuan dan genesanya. Dengan demikian, mahasiswa, kata Catur, diharapkan mampu mendeskripsikan dan memberikan penamaan batuan menggunakan skema pengelasan batuan mengikut standar tertentu.

"Saya sengaja memilih Lubuk Jambi sebagai kawasan kuliah lapangan kali agar Mahasiswa Teknik Geologi UIR menghargai khazanah batuan yang berada di Provinsi Riau terutamanya," ungkapnya melalui siaran pers yang diterima RIAUONLINE.CO.ID.

Sementara Haruanto, salah satu mahasiswa yang merupakan ketua panitia kegiatan tersebut mengaku sangat mengapresiasi kegiatan kuliah lapangan tersebut. Sebab selama ini, ia bersama mahasiswa lainnya hanya mempelajari teori.

"Dengan kegiatan ini sangat membantu pemahaman kami serta dibekalkan juga ilmu baru terutama mengenai deskripsi mineral dan batuan," ujarnya.

Di akhir kegiatan, mahasiswa diberikan waktu untuk menikmati wisata Air Terjun Guruh Gemurai.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline