Tahanan Protes, Unjuk Rasa dan Kabur Akibat Buruknya Pelayanan Rutan Sialang Bungkuk

Tahanan-Rutan-Kabur.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kaburnya penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk, Tenayan Raya, diperkirakan ratusan orang saat Salat Jumat, 5 Mei 2017, dipicu antara jumlah tahanan dan ruangan yang tak sebanding lagi. Akibatnya terjadi kelebihan kapasitas. 
 
Warga Jalan Sumatera, Kulim, Widi, sempat bertanya ke seorang tahanan yang kabur mengatakan, tahanan yang kabur akibat ruangan yang sempit, susahnya memperoleh air, serta kesulitan lainnya.
 
Tak hanya itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tedjo, mengatakan, aksi kaburnya ratusan tahanan ini dimulai dari unjuk rasa sekitar oukul 11.30 WIB. 
 
 
"K

ejadian 11.30 WIB, sejumlah napi unjuk rasa, menggunakan tiang jemuran dobrak pintu-pintu di sebelah kanan. Mereka kecewa dengan pelayanan Rutan," tutur Guntur kepada wartawan di Sialang Bungkuk  

 

mengecewakan tahanan.

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID di lapangan, pintu sebelah kanan berserakan besi-besi dan batu-batu. Dari pintu sebelah kanan inilah tahanan kabur jelang Salat Jumat tadi. 

Selain itu, pantauan di lapangan kondisi terkini, dua drone diturunkan pihak Kepolisian untuk memantau kondisi di dalam Rutan Sialang Bungkuk. Aparat keamanan belum bisa masuk ke dalam, karena mendapat lemparan 
 
RIAUONLINE.CO.ID juga memperoleh pesan berantai berisikan imbauan waspada. Berikut isinya. 
 
 
*Yth.Kapolres/ta Jajaran*
 
Diinfokan bhwa pada hari jumat tgl 5 Februari 2017 sekira pukul 12.30 wib, telah terjadi kerusuhan di Lapas Sialang Bungkuk Kec. Tenayan Raya Pekanbaru yg mengakibatkan kl. 300 org napi melarilan diri (masih dalam pengecekan) Berkaitan dgn hal tersebut agar Ka melakukan razia/penyekatan pada jalur/lokasi yg dimungkinkan dilewati/dilalui utk pelarian para napi. Laporkan hasil & perkembagannya. Dum. 
 
*Temb. Yth ,* 
Kapolda Riau, Wakapolda Riau Irwasda Polda Riau.