Syamsuar: BAZNAS Siak Diharapkan Mampu Kurangi Angka Kemiskinan

ZAKAT1.jpg
(INTERNET)

Laporan: Effendi

RIAU ONLINE, SIAK - Bupati Siak, Syamsuar mengajak Badan Amil Zakat Nasional (BASNAS) Kabupaten Siak untuk mengontrol penyaluran penyaluran zakat. Hal itu diungkapkanya dimasjid Al Falah kampung Paloh kecamatan Mempura, Senin, 24 April 2017.

Menurutnya, penyaluran zakat perlu pendampingan, sehingga zakat tersebut menjadi tepat guna dan tepat sasaran.

Syamsuar berharap zakat yang disalurkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan di daerah tersebut.

Baca Juga: Syamsuar Rencanakan Pembangunan Jembatan Bengkalis-Pakning

"Kita berhadap tahun 2017 dari sekian banyak zakat yang diberikan ke mustahik, diharapkan 80 persen berhasil. Sehingga bisa meningkat perekonomian sekaligus bisa mengurangi angka kemiskinan," ujarnya.

Di samping itu, ia mengimbau masyarakat agar dapat merubah pola hidup, lebih kreatif, bekerja keras dan pandai memanfaatkan situasi untuk mencapai sesuatu.

"Nasib dan keadaan kita bisa berubah, bukan karena orang lain, tetapi kita sendirilah yang merubahnya. Untuk itu, perlu usaha, kreatifitas dan kerja keras," jelasnya.

Klik Juga: Syamsuar: Siak Optimis Jadi Pusat Lumbung Padi dan Jagung di Riau

Pada kesempatan itu, Syamsuar juga mengajak seluruh warga untuk memakmurkan masjid dengan menjalankan salat berjamaah di masjid. Mengisi masjid dengan kegiatan agama, seperti kegiataan pengajian, dan tausiah agama.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kabupaten Siak Muhammad Rasyid Suharto menjekaskan, zakat yang disalurkan di kecamatan Mempura, dengan pola konsumtif dan produktif.

Untuk zakat konsumtif senilai Rp 43.300.000, yang dibagikan kepada mustahik, dan untuk zakat pola produktif berjumlah 114 juta, untuk 21 orang mustahik.

Lihat Juga: Wow, 196 Nelayan Siak Terima Kartu Asuransi dari Pemkab Siak

Rasyid berpesan kepada para penerima zakat, untuk memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan pendistribusian Zakat Tahap I tahun 2017 itu dihadiri Camat Mempura OK. Rendra Dharma Putra, KUA Mempura Khairul Bahri, Ketua UPZ kecamatan Syamsul Bahri, Penghulu se Kecamatan Mempura.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline