Komisi B DPRD Riau: Akhir April APBD 2017 Kuansing Diharapkan Rampung

Komisi-B-DPRD-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, Marwan Yohanes berharap pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kuansing tahun 2017 dapat terealisasi pada akhir April 2017.

Pasalnya, berdasarkan koordinasi yang telah dilakukannya bersama Bupati Kuansing atau pun jajarannya telah ditetapkan bahwa dalam beberapa pekan lagi APBD itu akan dapat segera disahkan.

"Dari hasil koordinasi yang saya lakukan, alhamdulilah sudah ada kemajuan, yang mana pada hari ini mereka sudah membahas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS). Sehingga bulan Juni ataupun Juli sudah bisa kita harapkan APBD nya sudah terlaksana." katanya di gedung DPRD Riau, Kamis, 6 April 2017.

Menurutnya, hal ini tidak akan terjadi kalau koordinasi antara eksekutif dan legislatif dapat berjalan beriringan. Sehingga kalau hal ini sampai berlarut-larut, dipastikan rakyat yang akan menjadi tumbalnya.

Baca Juga: Serapan APBD Riau Rendah, KPK Tidak Ingin Disalahkan

"Untuk Kuantan Singingi Bupatinya kita harapkan koordinasi dengan pihak terkait. Apa permasalahnya saya rasa Pak Bupatinya yang lebih tahu kenapa hal ini bisa terjadi. Karena ini nantinya konsekuensinya lebih besar ditanggung oleh masyarakat Kuansing," imbuhnya.

Marwan juga berpendapat, bahwa keterlambatan ini bisa saja terjadi pada wilayah lainnya yang ada di Riau, kalau pemimpinnya tidak memiliki kecakapan dalam mengelola Pemerintahannya.

"Ini bisa saja terjadi karena politik kita. Ini juga bisa diukur dari kepiawaian seorang pemimpin dalam melakukan proses pelaksanaan Pemerintahannya. Karena bagaimanapun Bupati itu sebagai orang penentu pengambil keputusan. Kebijakan harus lebih proaktif dalam menggesah hal ini terhadap daerah terutama," tutupnya.