Anggaran Ternak Sapi Potong Rp 7 Miliar, Komisi B DPRD Riau: Itu Belum Cukup

Daging-Sapi-di-Pasar-CIk-puan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, Marwan Yohanes mendukung rencana Pemerintah Provinsi Riau terkait penggelontoran dana Rp 7 miliyar yang dianggarkan untuk ternak sapi potong.

Rencananya, sapi-sapi itu akan diberikan kepada masyarakat untuk dibudidayaan sehingga Riau diharapkan bisa swasembada daging sapi dan tidak lagi memasok daging sapi dari luar wilayah Riau untuk dikonsumsi.‎

"Kalau pengadaannya sampai segitu saya setuju. Apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi bulan puasa dan dilanjutkan dengan hari Raya Idul Fitri," katanya di DPRD Riau, Kamis, 6 April 2017.

Bahkan dengan nilai yang fantastis itu, menurutnya, kuota Riau untuk daging sapi masih jauh belum tercukupi. Pasalnya, belajar dari tahun-tahun sebelumnya, Riau selalu kekurangan daging dan terus memasok daging dari wilayah lain.

Baca Juga: Harga Daging, Riau Tak Mampu Penuhi Keinginan Jokowi

"Saya rasa pun dengan angka segitu masih belum mencukupi untuk jumlah masyarakat Riau dalam waktu kedepannya. Bayangkan saja, 60 persen masyarakat kita yang hidup disektor pertanian, peternakan dan lainnya harus gigit jari dengan kebijakan yang mengatasnamakan infrastruktur," imbuhnya.

Permasalahan yang harus segera dapat ditangani ialah menindak segala penyimpangan yang terjadi jika hal itu benar-benar terjadi baik itu di sektor administrasi yang berujung kepada hukum.

"Kalau ada hal seperti ini kita teriak, nanti kalau daging kembali susah pro kontra lagi. Serba salah kan," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline