Demi Pelayanan Maksimal, Kapolda Riau Akan Tambah Anggota

Kapolda-dan-Wakapolda-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnai memaknai kenaikkan kelas Polda Riau dari type B menjadi A dengan cara yang berbeda. Menurutnya dengan kenaikkan kelas ini Polda Riau tidak hanya mengemban tugas yang lebih berat lagi, namun lebih dari itu yakni pengayoman yang lebih maksimal kepada masyarakat.

 

"Jadi kami ini bukan sekedar hanya naik kelas saja, tetapi itu lebih kepada tugas anggota dan tanggung jawab agar dapat dihayati betul-betul dan harus memberikan pengayoman pengalaman kepada masyarakat," ucapnya usai pencucian Pataka, Kamis, 10 November 2016.

 

Jenderal bintang satu ini mengatakan akan melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat ke arah yang lebih profesional lagi.

Baca Juga: Naik Tingkat ke Type A, Polda Riau Akan Pindah Ke SPN

 

"Sesungguhnya kenaikkan dengan type ini menunjukkan tanggung jawab Polda Riau dan jajarannya itu harus lebih di aktualisasikan dalam konteks memberikan pengayoman kepada masyarakat dalam menegakkan hukum maupun menegakkan kamtibmas di wilayah Provinsi Riau ini," imbuhnya.

 

Maka oleh sebab itu, ia berharap jumlah anggota Polda Riau kedepannya akan ditambah mengingat masih minimnya anggota dari standar yang telah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

 

"Kalau rasionnya saat ini Polda Riau dalam pengayom masyarakat yakni 1 Polisi membantu 670 orang. Kalau idealnya itu 1 : 450 orang, itu sudah sesuai dengan standar PBB," imbuhnya.

Klik Juga: Jelang Diresmikan ke Type A, Polda Riau Lakukan Pencucian Pataka Tuah Sakti

 

Jadi harapannya penambahan personil kepolisian akan dilakukan setelah kenaikan type ini demi lebih memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

"Kalau jumlah kita di Riau ini sekitar 10466 anggota, sementara jumlah masyarakat kita 6.000.400 orang. Idealnya itu mungkin 2000 atau 3000 lagi akan kita tambahlah atau idelanya 1 : 450," tutupnya.