BRG Berharap Muncul Kader-kader Restorasi Gambut di Desa

Myrna-Safitri.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Deputi Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan Badan Restorasi Gambut (BRG), Myrna A Safitri mengatakan, tindak lanjut dari berakhirnya Jambore Masyarakat Gambut (JMG), Senin, 7 November 2016, adalah dengan melakukan kaderisasi.

 

"Tambahan dari kami di Jambore 2016 di Jambi ini, kami harapkan nantinya peserta telah kami undang mampu menjadi kader-kader restorasi gambut di tingkat desa, sebelumnya peserta sudah kami masukkan ke dalam database kami," kata Myrna. 

 

Selanjutnya, tutur Myrna, para peserta akan memberikan pengatahuan mereka dengan cara menjadi narasumber, sebelumnya mereka seleksi. "Dengan fasilitas dari kita, nantinya mereka mampu menjadi narasumber, tamu undangan sebelumnya sudah diseleksi agar nantinya komunikasi dengan masyarakat dapat berjalan lancar," jelasnya.

 

Baca Juga: Unik, Ibu Ini Sulap Batang Pisang Jadi Kotak Tisu Cantik

 

Ia mencontohkan, seperti aktivis bank tani bisa dimanfaatkan masyarakat. Nantinya masyarakat bisa tahu opsi pembiayaan itu ada banyak sektor. Jadi masyarakat jangan lagi ada keluhan tentang pembiayaan, itu sudah bukan isu lagi.

 

Selanjutnya, kata Myrna, banyaknya antusiame masyarakat berkat banyaknya kunjungan ke desa-desa yang dilakukan sebelum acara JMG digelar, identifikasi awal dan akhirnya mengetahui apa sebenarnya problem serta kebutuhan warga hingga bisa dihadirkan di acara JMG ini.



Myrna meyakini, tujuan dari acara ini sudah bisa diserap oleh para peserta dan masyarakat pada umumnya. "Tujuan yang ingin kami capai dari jambore ini adalah agar masyarakat benar-benar mendapat informasi sebanyak-banyaknya sehingga mereka tahu hanyak hal. Kemudian mereka juga mendapatkan akses jejaring lebih luas, sepertinya sudah tercapai," tutupnya.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline