Dua Tahun Memimpin, Inilah Aksi Unik Presiden Jokowi Bikin Rakyat Kagum

Presiden-Jokowi-di-Korsel.jpg
(Kim Hong-ji/REUTERS)

RIAU ONLINE - Selama dua tahun memimpin Indonesia, sejak Presiden Joko Widodo sejak dilantik pada 20 Oktober 2014 lalu, sudah banyak gebrakan-gebrakan mengejutkan yang dilakukan Presiden Jokowi. Di antaranya yang dilakukan Jokowi baru-baru ini, dengan menyamakan harga BBM di Papua. Selama ini harga BBM bensin di sana bisa mencapai Rp 50 ribu per liter.

 

Dua tahun memimpin, bukan hanya prestasinya menjadi sorotan publik, tapi juga aksi-aksi spontan Jokowi yang tidak biasa dilakukan seorang Presiden.

 

Berikut adalah hal-hal unik dan spontan yang dilakukan Jokowi selama dua tahun memimpin.

 

Presiden Jokowi payungi Gubernur Papua

Baru-baru ini Presiden membuat heboh netizen dengan satu fotonya yang sukses membuat masyarakat semakin kagum. Bagaimana tidak, foto tersebut menampilkan Jokowi yang merupakan Presiden terlihat memayuni Gubernur Papua, Lukas Enemba.

 

Pak Jokowi memayungi Gubernur Papua [Image Source]Presiden Jokowi Payungi Gubernur Papua (Foto: BOOMBASTIS)

 

Dengan gaya khasnya, Jokowi tampak tak canggung saat memayungi Lukas. Aksi ini banyak mendapat tanggapan positif. Salah netizen mengatakan, "harusnya gubernur dong yang memayungi Presiden. Ini malah kebalik."

 

Ketika Presiden Jokowi pilih sepatu diskonan

Harus diakui, Jokowi mungkin adalah Presiden paling sederhana yang pernah memimpin Indonesia. Terlihat dari setelan yang kerap digunakannya. Di saat para pemimpin dunia menggunakan jas dengan harga puluhan juta, Jokowi justru memilih baju putih dan celana hitam.

 

Pak Jokowi sedang mencoba sepatu diskonan [Image Source]Presiden Jokowi Beli Sepatu Diskon (Foto: BOOMBASTIS)

 

Tak hanya itu, soal sepatu Presiden juga cukup sederhana. Beberapa waktu lalu. Presiden Jokowi tampak tengah berbelanja sepatu di sebuah pusat perbelanjaan di Manado. Saat ditanya, Presiden menjawab, “Mumpung diskon, saya belanja sepatu.”

 

Jadi Supir Sang Wakil

Istana selalu menyediakan mobil-mobil golf untuk para pejabat agar dapat bekerja lebih cepat. Tak terkecuali bagi Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla.

 

Hasil gambar untuk presiden Jokowi menyupiri JK saat di mobil golfAksi Jokowi Supiri JK (Foto: OKEZONE)

 

Uniknya, Pak Jokowi ternyata sering menyupiri sendiri. Bahkan, menyupiri sang wakil, Jusuf Kalla. Meski Jusuf Kalla tampak sungkan. Namun, hal ini cukup sering terjadi, hanya tak banyak diketahui.

 

Presiden Jokowi masuk sawah

Blusukan seperti hal yang tak terpisahkan dari kebiasaan Presiden Jokowi, bahkan saat masih menjabat walikota. Blusukan yag dilakukan Jokowi memang tak pernah setengah-setengah, meski harus masuk sawah.

 

Pak Jokowi blusukan ke sawah [Image Source]Presiden berbincang dengan Petani di tengah sawah (Foto: BOOMBASTIS)

 

Hal ini terlihat pada beberapa bulan lalu. Menggunakan setelan khasnya, hitam putih, Jokowi turun ke sawah untuk bisa mendengar aspirasi petani yang tengah bekerja.

 

Presiden Jokowi menuangkan air minum ke gelas Gubernur Jabar

Sebelum aksi memayungi Gubernur Papua, hal yang sama pernah dilakukan kepada Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. Setahun yang lalu, Jokowi menuangkan air mineral ke gelas Gubernu Jabar.

 

Pak Jokowi tuangkan air minum [Image Source]Presiden Jokowi saat menuangkan air mineral ke gelas Gubernur Jabar (Foto: BOOMBASTIS)

 

Momen tak biasa itu terjadi ketika keduanya berada dalam sebuah acara di Bandung. Jokowi dan Heryawan duduk di kursi depan. Lalu, dalam satu waktu terjadilah peristiwa unik itu. Julukan 'Presiden yang melayani' pun kemudian jadi gelar untuk Jokowi saat itu.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

Sumber: BOOMBASTIS.com