Runway Baru Bandara SSK II Bisa Digunakan Awal Tahun Depan

Bandara-SSK-II-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - PT Angkasa Pura II menargetkan pelebaran runway Bandara Sultan Syarif Kasim II bisa digunakan pada awal tahun depan.

 

General Manager (GM) AP II Bandara SSK II Jaya Tahoma Sirait menyebutkan bahwa proses pemanjangan runway bandara tersebut masih memerlukan beberapa proses meski secara fisik sudah selesai.

 

"Namun ada kelengkapan yang harus dipenuhi sebelum jalur take-off dan landing tersebut dioperasikan. Penggunaan runway ditargetkan awal tahun depan," katanya, Selasa (12/7/2016).

 

Jaya menjabarkan bahwa saat ini pihaknya akan membebaskan lahan seluas 4,9 hektar di ujung lintasan tersebut. Lahan tersebut nantinya akan dipergunakan untuk berbagai perlengkapan yang akan dipindahkan ke lokasi tersebut. (KLIK: Pemprov Riau dan KemenLHK Gelar Rapat Persiapan Kunjungan Presiden Jokowi)

 

"Berbagai alat dan kelengkapan seperti navigasi, lampu, dan alat lainnya perlu dipindahkan juga seiring dengan penambahan runway," jelas Jaya.

 

Jaya menargetkan lahan milik masyarakat tersebut bisa dibebaska hingga akhir Agustus mendatang. Sehingga proses-proses lainnya bisa menyusul sebelum lintasan difungsikan.

 

Tahapan lainnya yang perlu dilewati adalah pembangunan infrastruktur pendukung, kalibrasi, serta sosialisasi ke organisasi induk penerbangan.