Aktual, Independen dan Terpercaya


Selama Ramadan, 57 Hektar Lahan Riau Terbakar.

Asap-Putih-Membumbung-di-Lahan-Terbakar.jpg
(TIMSATGAS KARHUTLA FOR RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sepanjang bulan ramadan 2016, Tim Satgas Siaga Udara Karlahut Provinsi Riau telah memadamkan kebakaran lahan seluas 57 hektar di Riau.

 

Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kolonel TNI (Pnb) M Yani Amirullah menuturkan pemadaman tersebut dilakukan pada lokasi yang berbeda-beda.

 

"Sepanjang ramadan kita telah melakukan pemadaman kebakaran lahan di Kabupaten Rokan Hilir, Pelalawan dan Siak," ungkap Yani, Senin, 27 Juni 2016. (klik: Massa Mahasiswa Tutup Tugu Adipura Dengan Kain Hitam)

 

Secara rinci, luas lahan yang terbakar di tiga kabupaten tersebut antara lain pada 7 juni 2016, area Giam Siak Kecil, Siak luas lahan terbakar seluas 5 hektar. Kemudian pada 9 hingga 16 juni 2016, Teluk Meranti, Pelalawan, perkiraan luas 30 hektar.

 

"Kemudian tanggal 26 juni 2016, area bagan sinembah raya utara rohil, perkiraan 20 hektar dan hari ini, 27 Juni 2016 masih water boombing di Kecamatan Bangko, Rohil," kata Yani.

 

Berdasarkan informasi dari Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohil yang berada di Bangko hari ini, tim Satgas udara melakukan pemadaman api pada dua hektar lahan. (baca: Inilah Cerita Para Imigran yang Berpuasa di Kantor Imigrasi Pekanbaru)

 

Untuk melakukan pemadaman di Bangkok hari ini, Satgas udara menurunkan sebanyak 4 pesawat water bombing. Yakni dua unit heli wb tipe MI-8 dan MI-171, serta dua unit pesawat air tractor.

 

"Selama operasi pemadaman, seluruh kru alhamdulillah masih melaksanakan ibadah puasa," terangnya.