Umat Muslim di Negara Ini Jalani Puasa 19 Jam Sehari

Muslim-Rusia.jpg
(MIDDLE EAST ONLINE)

 

RIAU ONLINE - Bulan suci Ramadan merupakan momen paling ditunggu oleh umat Muslim di dunia. Setiap negara memiliki kebiasaan atau tradisi saat menjalani puasa di bulan suci Ramadan yang menjadi fakta unik dan menarik untuk diketahui.

 

Fakta unik ini salah satunya bisa ditemukan di Rusia. Agama Islam di Rusia merupakan agama terbesar kedua, setelah Kristen Ortodoks dengan populasi sekitar 21-28 juta penduduk atau 15-20 persen dari 142 juta penduduk di negeri berjulukan Negeri Beruang Merah itu.

 

Dilansir dari Okezone, Rusia memiliki durasi berpuasa cukup panjang dibandingkan Indonesia yang menjalani puasa 13 jam dalam sehari. Negara yang berada di bagian paling utara Bumi ini memulai ibadah puasanya sejak imsak pada pukul 03.15 hingga berbuka pada pukul 21.37 waktu setempat.

 

Artinya umat Muslim di Rusia berpuasa hampir 19 jam dalam sehari, bahkan di Kota Saint Peterburg disebut-sebut bisa menjalani puasa hingga 22 jam dalam sehari.

 

Rusia juga tradisi unik setiap bulan suci Ramadan tiba. Sama seperti Indonesia, di Rusia juga bisa ditemukan banyak bazar dadakan di hampir setiap masjidnya. Umumnya, bazar menjual buku-buku Islam, suvenir, parfum dan kopiah atau peci.

 

Negara ini punya makanan khas yang wajib disajikan di bulan suci Ramadan. Khingals, roti yang diisi keju, dan galnash, roti yang terbuat dari gandum. Bahkan, Muslim di Rusia Selatan memiliki minuman wajib di bulan Ramadan. Kvass, minuman hasil fermentasi, tapi tidak mengandung alkohol.

 

-->