Aktual, Independen dan Terpercaya


Pemko Pekanbaru Harap Tak Hujan Jelang Groundbreaking Presiden Jokowi

toll.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Setko Pekanbaru, Didi Gusriadi mengatakan persiapan jelang kedatangan Presiden Joko Widodo untuk ground breaking jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan selesai dalam pekan ini.

 

Persiapan yang dilakukan hanya tinggal pengerasan beberapa puluh meter ruas jalan yang akan dilalui presiden nanti. "Kita tinggal melakukan pengerasan pada sekitar 50 meter saja yang nanti akan dilalui presiden," ungkap Didi saat meninjau lokasi di Kelurahan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Rabu (11/5/2016).

 

Dari hasil peninjauan yang ia lakukan bersama Pemprov Riau dan kontraktor Hutama Karya yang mengerjakan proyek tersebut, Didi mengatakan tak ada kendala selama persiapan dilakukan beberapa hari ini.

 

Satu-satunya masalah menurut Didi adalah kalau tiba-tiba terjadi hujan. Jika hujan, lokasi yang akan digunakan untuk melakukan ground breaking akan sangat sulit dilalui karena berlumpur.

 

"Semoga saja tidak hujan. Kalau tidak hujan lokasi ini akan kita jadikan tempat ground breaking karena letaknya di titik nol kilometer. Tapi kalau hujan dan berlumpur, kita alihkan di lokasi alternatif yang lokasinya sudah lebih stabil tingkat kekerasan tanahnya," papar Didi.

BACA JUGA: Jelang Groundbreaking Presiden Jokowi, Pemprov Riau Tinjau Tol Pekanbaru-Dumai

 

Menurut laporan dari pihak kontraktor, beberapa hari lalu ketika hujan, lokasi titik nol kilometer yang akan digunakan ground breaking tak bisa dilalui dengan kendaraan sama sekali. "Setelah sedikit kering baru bisa bersihkan lagi lumpurnya," pungkas Didi.

 

Lokasi titik nol kilometer yang nantinya akan digunakan ground breaking, jaraknya berkisar 2,5 kilometer dari jalan Yos Sudarso. Sedangkan jarak lokasi kedua lebih jauh sekitar 500 meter dari titik nol.

 

Pemerintah Kota Pekanbaru sendiri bertugas untuk melakukan pembebasan lahan yang akan digunakan jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 2,9 Kilometer hingga di Kelurahan Okura.

 

"Sampai sekarang pembebasan lahan belum ada masalah dan kita lakukan sejalan dengan proses pengerjaan Tol," ucap Didi.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline