Gas Rumah Tangga di Kecamatan Limapuluh Belum Berfungsi

pipa-gas.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Azhar)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Instalasi pipa gas rumah tangga tampaknya sudah mulai terpasang di sejumlah rumah di kawasan Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru. Gas tersebut direncanakan untuk konsumsi rumah tangga hasil kerja sama PT Pertamina gas bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya RI.

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, Rabu, 4 Mei 2016. Sebagian besar sudah terinstalasi di dinding rumah warga kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru.

 

Tingginya dari permukaan tanah sekitar 1.5 meter seukuran meteran listrik. Tampak ada angka-angka yang sepertinya menunjukkan pemakaian konsumsi warga. Dengan sambungan pipa yang di cat kuning melintasi menerobos dinding rumah.

 

Selain itu, tampak batu-batu sebagai tanda berwarna kuning setinggi sekitar 10 inchi dengan jarak lebih kurang lima meter sudah berbaris di sepanjang jalan dimana pipa ini terpasang di rumah.

 

pipa gas lpg

 

Warga sekitar yang biasa berjualan di persimpangan Jalan Setia Budi dan Jalan Nurul Iklas kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru Era menuturkan, pipa beserta meterannya sudah terpasang beberapa bulan yang lalu di rumah kontrakannya.

 

"Ini belum ada gas nya pak. Baru masukkan meterannya saja. Mungkin dua bulan yang lalu pasangnya. Dan waktu itu siang sampai sore orang ini kerjanya," ujarnya.

 

Era pun menjelaskan belum tau seperti apa penggunaannya dan cara pembayarannya bila seandainya gas ini sudah beroperasi.

 

"Saya engak tau pak gimana cara pakainya. Pekerjanya bilang waktu itu izin pasang LPG. Dan yang punya kontarakan mengizinkan. Sampai sekarang belum ada keterangan dan belum ada penjelasan," ujarnya lagi.