Aktual, Independen dan Terpercaya


3 Tersangka Pelaku Pemukulan Mahasiswa Diperiksa

Mahasiswa-Tersungkut-di-Tanah.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tiga orang tersangka yang diduga melakukan tindak kekerasan terhadap mahasiswa Universitas Riau, beberapa waktu lalu, yang menyeret nama Kepala Biro Humas Setdaprov Riau, Darusman akhirnya menjalani pemeriksaan perdana pasca ditetapkan sebagai tersangka oleh Polresta Pekanbaru.

 

Selain Karo Humas Setdaprov Riau, oknum staf protokoler Gubernur Riau yang turut menjadi tersangka, yakni Agus dan Piko juga turut diperiksa. Pemeriksaan dilakukan selama hampir 2 jam di Mapolresta Pekanbaru.

 

Kepala Satreskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bimo Ariyanto membenarkan bahwa Darusman sudah mengakui perbuatannya pada saat aksi demo mahasiswa tersebut.

BACA JUGA: 3 Pejabat Pemprov Riau Jadi Tersangka, Plt Gubri Enggan Komentar

 

"Saudara tersangka sudah kita periksa, ia mengakui jika sudah menendang salah seorang mahasiswa saat demo kemarin. Kurang lebih 15 pertanyaan kita ajukan pada para tersangka," kata Bimo Ariyanto, Rabu (20/4/2016).

 

Hingga saat ini, penyidik dari kepolisian baru memeriksa Darusman. Sementara untuk Agus dan Piko sedang menunggu gilirannya. Apabila hasil pemeriksaan ketiganya rampung, polisi akan mempersiapkan tindakan proses hukum lebih lanjut.

 

 

Bimo menuturkan untuk sementara belum diputuskan apakah akan dilakukan penahanan terhadap ketiga orang tersangka tersebut. "Untuk keputusan ditahan atau tidak, nantinya akan diputuskan oleh Pak Kapolresta Pekanbaru, Kombes Aries Syarief Hidayat," tandas Bimo.

KLIK JUGA: Minta Maaf, Plt Gubri Kunjungi Kediaman Mahasiswa Korban Pemukulan

 

Insiden pemukulan tiga orang mahasiswa terjadi pada Rabu (13/4/2016) sepekan sebelumnya. Ketika itu, tiga orang mahasiswa tersebut tanpa izin hendak menggelar spanduk yang berisi aspirasi mereka di hadapan Wakil Ketua komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang dan pejabat pemerintahan lainnya baik dari pusat dan daerah.

 

Karena melakukan gerakan tanpa izin dan bertindak semaunya, staf protokoler dan Satpol PP kemudian mengamankan tiga mahasiswa yang membuat gaduh tersebut.

LIHAT JUGA: LAM: Pemukulan Pejabat Pemprov ke Mahasiswa Tindakan Primitif

 

Di luar, karena emosi dan dimaki oleh mahasiswa yang diamankan, beberapa orang termasuk Darusman kemudian bertindak secara keras dengan melakukan pemukulan. "Waktu itu memang emosi karena kita dimaki oleh mereka," ucap Darusman beberapa waktu lalu.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline