Sejarah, Rio Pertama Kali Start di Depan Juara Dunia

Rio-Isi-Waktu-Kosong-di-Sela-Balapan.jpg
(FACEBOOK/F1)

RIAU ONLINE - Pertama kalinya, pebalap Indonesia yang menjajal Formula 1 (F1), Rio Haryanto, pertama kalinya star di depan juara dunia F1 asal Inggris, Lewis Hamilton, pada Grand Prix Shanghai, China, esok hari, Minggu, 17 April 2016. 

 

Hamilton harus memulai balapan dari posisi buncit alias 22, di bawah duo pebalap Manor Racing Team, Pascal Wehrlein, di posisi 21 dan Rio, di posisi 20. 

 

Melorotnya posisi Hamilton di Shanghai ini tak terlepas akibat sistem pemulihan energi pada kendaraan Mercedes yang ia kemudikan tidak berfungsi.

 

Baca Juga: Netizen Salut Lihat Foto Rio Salat Maghrib Berjemaah Beredar

 

Faktor inilah menyebabkan Hamilton harus memulai balapan esok hari dari posisi paling belakang. Terakhir kalinya pebalap Inggris ini start dari posisi paling belakang di Hungaria, 2014 lalu. Kala itu, Hamilton finis di urutan tiga.

 

“Hal-hal seperti ini terjadi guna menguji kami dan saya yakin, kami akan belajar darinya. Ini hanyalah upaya untuk mencari tahu masalahnya dan memastikan tidak terjadi lagi. Mobil ini cepat, mudah-mudahnya mereka menyelesaikan masalahnya dan kita bisa balapan besok,” kata Hamilton kepada Sky Sport.

 

Pole Position Pebalap di Shanghai

 

Persis di depan Hamilton, di urutan 21, adalah Pascal Wehrlein. Kendaraan pengemudi asal Jerman itu tergelincir dan menabrak pagar pembatas pada sesi pertama kualifikasi sehingga tidak bisa melanjutkan perlombaan.

 

Kemudian di depan Wehrlein adalah sesama pengemudi tim Manor Racing, Rio Haryanto. Pembalap asal Indonesia itu bakal start di urutan ke-20 setelah mencatat waktu 1:40:264. 

 

Sementara itu, pebalap Nico Rosberg mampu menunjukkan kepiawaiannya sekaligus kekuatan mobilnya dengan merebut posisi terdepan alias pole position.

 

Rio Bubuhkan Tanda Tangan

 

Rekan satu tim Hamilton di tim Mercedes itu mencatat waktu 1:35.402 atau unggul setengah detik dari pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo.

 

Klik Juga: Ini Sosok Rio Haryanto di Mata Sang Bunda

 

Duo pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel, akan memulai balapan Minggu di urutan tiga dan empat. Pada klasemen sementara, Nico Rosberg masih memimpin dengan mengumpulkan 50 poin dari dua balapan. Kemudian, mendulang 33 poin, Hamilton berada di peringkat dua. Adapun Ricciardo menempati peringkat tiga, meraup 24 poin.

 

Duo Ferrari belum bisa melampaui 20 poin. Raikkonen berada di peringkat empat dengan 18 poin, sedangkan Vettel di peringkat enam dengan 15 poin.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline