Tamat Sudah, Manor Tendang Rio Haryanto dari F1

Wehrlein.jpg
(Dok Manor Racing)

RIAU ONLINE - Pebalap Indonesia yang membalap Formula 1 (F1), Rio Haryanto, akhirnya diputuskan kontraknya dari Tim Manor Racing. Pebalap tersebut akan diganti dengan pebalap asal Perancis, Esteban Ocon, pada paruh kedua musim Formula One (F1) 2016.

 

Kepastian tersebut diungkap Manor lewat situs resmi tim. Manor menjelaskan, pebalap Prancis yang kini menjadi cadangan Renault itu akan tampil bersama Pascal Wehrlein di sisa sembilan seri F1 2016.

 

"Manor Racing telah mengontrak Esteban Ocon guna membalap bersama Pascal Wehrlein di sisa sembilan seri F1 2016. Ia akan melakoni debut di F1 pada GP Belgia, 28 Agustus mendatang," demikian pernyataan resmi Manor lewat situs resmi tim. 

 

Baca Juga: Akankah Kiprah Rio di F1 Berakhir Esok Hari?

 

Manor seharusnya memiliki kontrak dengan Rio Haryanto hingga akhir musim F1 2016. Namun, pihak Rio gagal melunasi sisa uang kontrak yang telah dibayarkan sejumlah 7 juta Euro.


 

Alasan inilah menjadikan Manor mengambil keputusan mengganti pebalap Indonesia itu dengan Ocon. 

 

"Kami sangat senang menyambut Esteban Ocon ke dalam tim Manor Racing hingga akhir musim. Ia pebalap masa depan F1, bersinar dalam perannya sebagai pebalap cadangan Renault, demikian juga saat tampil di ajang DTM bersama Mercedes musim ini," ungkap Direktur Balap Manor, Dave Ryan.

 

Awalnya, harapan membuncah ketika Rio diyakini punya waktu sebelum GP Belgia berlangsung mencari sponsor dan dana tambahan.

 

Klik Juga: Netizen Salut Lihat Foto Rio Salat Maghrib Berjemaah Beredar

 

Namun, Manor tidak ingin terlalu lama menunggu kepastian dari manajemen Rio. Dengan punjukkan Ocon saat ini, maka pebalap 19 tahun itu diharapkan bisa segera beradaptasi dengan mobil MRT05.

 

Ocon kini sedang berlaga di kompetisi Deutsche Tourenwagen Masters (DTM) bersama Mercedes, ajang balap yang juga diikuti Wehrlein selama tiga musim sebelum tampil di F1 bersama Manor.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline