Pekanbaru Siapkan Rp 98 Miliar Bangun Instalasi Pegolahan Air Limbah

walikota-pekanbaru-firdaus-MT.jpg
INTERNET
Firdaus MT

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Walikota Pekanbaru, Firdaus bakal segera membangun instalasi pengolahan air limbah di Kota Pekanbaru. Pemerintah daerah siapkan anggaran sebesar Rp98 miliar.

 

Pemerintah bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk pelaksanaan pembangunan instalasi ini.

 

"Kita akan membangun instalasi ini secepat mungkin. Kita telah menyiapkan anggaran sebesar Rp98 Miliar untuk pembangunan tahap awal instalasi ini nantinya," ungkap Firdaus kepada wartawan, Selasa (22/3/2016). (KLIK: Sudah Akhir Maret, Realisasi APBD 2016 Riau Masih 4,83 Persen)

 

Firdaus mengharapkan, pada Jumat (30/3/2016) mendatang konsep perencanaannya sudah matang dan sudah bisa dilelang. "Untuk pembangunan fisik, nanti akan menggunakan pinjaman dari Bank Dunia. Kalau sudah bisa dilelang tahun ini, berarti tahun ini juga sudah bisa dikerjakan pembangunannya," ujarnya.

 

Mantan Kepala Dinas PU Provinsi Riau ini mengaku telah membebaskan lahan seluas 12 hektar di Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya yang berbatasan langsung dengan Sumbersari. "Lokasinya dekat rusunawa," pungkas Firdaus. (BACA: Riko: Pak Polisi, Coba Awasi Kawasan yang Rawan Dirusak Perusahaan)

 

Instalasi Pengelolaan Air Limbah atau IPAL merupakan rencana pembangunan yang telah lama dicanangkan oleh Pemko Pekanbaru sejak tahun 2013 lalu. Rencana sebelumnya, IPAL akan dibangun pada tahun 2014 dengan memakan anggaran sebesar Rp360 Milyar yang anggarannya berasal dari APBN dan Asia Development Bank (ADB).