Penyelesaian Sengketa TN Tesso Nilo Terbentur RTRW

tesso-nilo.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Biro Hukum Setdaprov Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan Pemerintah Riau hingga kini sulit memberikan jalan keluar sengketa Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) dengan masyarakat setempat dikarenakan tidak adanya Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Riau hingga kini.

 

Maka kata Ikhwan, pemerintah tidak punya landasan dalam memutus sengketa tersebut. Karena selama ini payung hukum dalam peruntukan lahan di Riau ada dalam RTRW.

 

"Kendala kita mengapa sampai sekarang tak bisa memutus sengketa ini dari pemprov karena hingga kini kita tak punya RTRW. Padahal dari RTRW itulah nantinya ada semua peruntukan lahannya," ungkap Ikhwan ketika dikonfirmasi RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu (23/1/2016). (BACA: Komnas HAM Mediasi Sengketa Taman Nasional Tesso Nilo dengan Koperasi)

 

Namun sengketa lahan TNTN tersebut sebenarnya telah ditangani oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Dari hasil penanganan tersebut kata dia KLHK telah memberikan solusi yang dianggap oleh keduanya cukup adil.

 

"Solusi yang diputuskan dari KLHK pada akhir tahun 2015 kemarin. Kalau tak salah 29 Desember lalu memutuskan masyarakat diberikan kesempatan untuk menggunakan lahan tersebut hingga 10 tahun ke depan. Karena pertimbangannya lahan masyarakat tersebut sudah berisi perkebunan sawit yang sudah menghasilkan," jelas Ikhwan. (KLIK: Mendagri Sebut Banyak Wilayah Pemekaran Gagal Berkembang)

 

Setelah satu dasawarsa nantinya lahan tersebut akan dikembalikan fungsinya sebagai kawasan konservasi dalam TNTN yang dijadikan sebagai habitat liar satwa langka.

 

"Seperti gajah, harimau, kucing hutan, beruang madu dan lainnya," urainya.

 

Kemarin Mendagri, Tjahjo Kumolo menerangkan RTRW Riau akan keluar beberapa waktu mendatang. Namun Tjahjo tak bisa memastikan karena hal tersebut di luar kewenangannya sebagai Mendagri.

 

"Kalau informasi dari KemenLHK kemarin tak lama lagi akan keluar. Tinggal tunggu saja. Kalau waktu tepatnya saya tak bisa ngasih tahu itu. Kan itu kerjanya Bu Menteri LHK," ucap Tjahjo usai adakan Kunjungan kerja ke Riau, Jumat (22/1/2016).