Aktual, Independen dan Terpercaya


Penyuka Es Teh, Waspadai Penyakit Ini

minuman-dingin-es-teh.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Setiap orang pasti pernah dan bahkan sangat menyukai minum teh, baik itu teh hangat, teh susu, teh dingin atau yang biasa disebut es teh. Namun, tahukah Anda terlalu sering minum es teh dapat memicu batu ginjal.

 

Teh hitam tersebut mengandung oksalat yang dalam jumlah besar dapat terkonsentrasi di dalam urin dan menyebabkan batu ginjal.

 

"Kandungan oksalat di dalam teh cukup tinggi. Belum lagi jika ditambah dengan konsumsi sayuran hijau seperti bayam yang juga tinggi oksalat, maka dapat menyebabkan batu ginjal karena oksalat meningkat," kata dr. Jessica Florencia, anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com

 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sumber oksalat utama pada pasien-pasien dengan batu ginjal adalah kopi dan teh hitam yang diminum secara rutin setiap hari. (Baca Juga: Kafein dalam Kopi Picu Kejang-kejang bagi Penderita Epilepsi)

 

Dilansir Klikdokter.com, berikut cara mengatasi oksalat di dalam urin dan pembentukan batu oksalat di ginjal:

 

1. Konsumsi cairan yang cukup, minimal 2 liter perhari. Cara ini dapat membantu meningkatkan jumlah cairan pada urin yang melewati ginjal agar tidak terjadi penumpukan substansi tertentu.

 

2. Konsumsi kalsium yang cukup, minimal 1200 miligram per hari dari makanan maupun suplemen. Dengan demikian dapat membantu mengikat oksalat dan mencegah pembentukan batu. Kalsium yang baik bisa didapatkan dalam susu atau produk berbahan susu.

 

"Kalau Anda masih tetap ingin mengonsumsi teh setiap hari, konsumsilah teh susu." ujar Jessica.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline