Aktual, Independen dan Terpercaya


Tak Kantongi Sertifikat Halal, Warga Tetap Serbu McDonalds Pekanbaru

Antrean-di-McDonalds-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - McDonald's Pekanbaru tak bisa menunjukkan sertifikasi halal yang ia miliki untuk menjelaskan status kehalalannya selama ini menjadi teka-teki di masyarakat. 

 

Supervisor McDonald's Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman, Nikodemus mengatakan, ia tak berwenang untuk memperlihatkan serta memberikan Sertifikat Halal yang telah dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI). (Baca Juga: Minuman Bersoda Bikin Anak Agresif tak Konsentrasi dan Kasar

 

"Itu bukan kewenangan saya untuk memberi keterangan. Kalau itu tunggu konfirmasi dulu dari pimpinan pusat untuk mengetahui status sertifikasi halal kami punya," kilah Niko kepada wartawan saat hadir dalam Inspekesi Mendadak (Sidak) oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Riau, Senin (11/1/2016).

 

Waralaba McDonalds

WARGA Pekanbaru tampak harus antre saat memesan makanan dan minuman di waralaba kelas dunia, McDonalds, Senin (11/1/2016), di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Dalam sidak hari ini, pengelola waralaba tersebut tak mampu memperlihatkan sertifikat Halal dari MUI.

 

Niko hanya memberi tahu, di lantai bawah telah dipampang surat keterangan dari MUI tentang kepengurusan halalnya. "Di bawah itu sudah ada keterangan kami sedang melakukan kepengurusan surat sertifikasi halalnya di pusat," ungkapnya.

 

Namun setelah dicek, surat tersebut tidak bisa dipakai untuk memberikan keterangan halal pada setiap makanan dijual. Di dalamnya juga dijelaskan, surat tersebut hanya berlaku hingga 23 Desember 2015 lalu, dan kini tak ada pembaruan surat keterangannya. (Klik Juga: Cobalah dari Sekarang. Ini 10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan

 

Beberapa waktu lalu McDonal's di Jalan Jendral Sudirman, baru saja dibuka. Waralaba makanan dunia itu menempati Gedung Telkom, aset pemerintah, yang dialihkan menjadi sebuah tempat makan. 

 

Namun beberapa hari dibuka, MUI Kota Pekanbaru mengatakan, resto makanan cepat saji tersebut belum kantongi sertifikasi halal dari MUI.

 

Namun begitu, pantauan RIAUONLINE.CO.ID, warga Pekanbaru yang menjadi konsumen di McDonald's tetap saja ramai makan di sana. Ketika ditanya kepada seorang pengunjung, ia tak tahu jika McD belum kantongi sertifikasi halal dari MUI. (Lihat Juga: Ingin Kulit Sehat? Ini Makanan Harus Anda Konsumsi

 

"Saya tak tahu kalau McDonald's belum punya sertifikasi halal. Saya baru tahu ini," ujar Andi salah seorang pengunjung yang datang bersama teman perempuannya.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline