Pasangan Ocu Kampar Lolos Final Bujang Dara Riau 2015

budar.jpg
(Humas Riau)

Penulis: Wilna Sari

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pasangan Bujang Dara (Budar) Kabupaten Kampar berhasil masuk tiga besar dalam malam puncak grand final Bujang Dara Riau 2015 di SKA Convention and Exhibition Center.

 

Meski tak meraih juara pertama, pasangan ughang Ocu ini Dirga Bhakti dengan poin 5313 dan Rakhaniel Ramadhani dengan poin 5335, berhasil meraih posisi ketiga menyisihkan pasangan budar dari Bengkalis dan Pekanbaru.

 

Sebelumnya saat lolos lima besar, Dirga juga sempat menggunakan bahasa daerahnya. Bahasa ocu adalah salah satu varian bahasa yang mirip dialek warga Luhak Limopuluah Sumatera Barat. (KLIK: Kecuali Dumai, Kandidat Kalah Ramai-ramai Gugat ke MK)

 

"Olah Suda Ncu," jawab Dirga dalam bahasa ocu saat ditanya pembawa acara sudah makan atau belum.

 

Selain diberi julukan Bumi Sarimadu, Kabupaten Kampar yang beribukota di Bangkinang ini juga dikenal dengan julukan Serambi Mekkah Provinsi Riau.

 

Di samping itu, mengingat Kampar merupakan daerah yg terbilang kaya akan situs budaya dan pariwisata, maka sebagai Budar Riau 2015 Dirga dan Rakhaniel kedepannya juga memiliki tanggung jawab menjadi duta pariwisata dan budaya di Riau, khususnya Kabupaten Kampar.

 

Senada dengan tanggapan Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam sambutannya mengatakan perhelatan ini akan mendukung pariwisata di Riau. (BACA: Terjadi Lonjakan Penumpang Selama Libur Natal dan Tahun Baru)

 

"Nantinya mereka dapat menceritakan bagaimana sebenarnya pariwisata di Riau ini. Terutama tentang wisata budaya," katanya.

 

Begitu pula Kepala Dinas Priwisata dan Ekonomi Kreatif Riau Fahmizal Usman mengharapkan para pemenang untuk dapat berkontribusi dalam promosi pariwisata. Sebab saat ini Riau memang fokus untuk meningkatkan pariwisata berbasis budaya.

 

"Pemenang Bujang Dara Riau 2015 ini akan bertugas memajukan pariwisata Riau. Karena, ini memang tugas kita bersama untuk memajukan pariwisata khususnya berbasis budaya," katanya.  (LIHAT: Catatan AJI: 2015 Media Cetak Berguguran)

 

Dapat diketahui, Revianda Windu dari Kabupaten Kuantan Singingi dan Rahayu Kuntum Melati dari Pelalawan menjadi bintang di peringkat pertama. Disusul oleh Engla Raafi dari Dumai dan Retno Herowati dari Siak di posisi kedua.