Aktual, Independen dan Terpercaya


4G LTE Dukung Kota Pekanbaru Jadi Kota Pintar

PONSEL-SAMSUNG.jpg
(INTERNET)

Penulis: Wilna Sari

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah berhasil menggelar peresmian di 12 kota, PT Telekomunikai Selular (Telkomsel) sebagai operator terbesar di Indonesia, kembali meluncurkan layanan telekomunikasi teknologi terbaru generasi keempat 4G LTE (Long Term Evolution) di Pekanbaru.

 

Peluncuran ini digelar secara serentak di berbagai kota, antara lain, Banjarmasin. Teknologi 4G LTE ini bertujuan ikut membantu terbangunnya smart city di Pekanbaru.

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, dalam sambutannya di Mal SKA Pekanbaru, Jumat (18/12/2015), mengatakan, satu dari satu Pancacita Pekanbaru adalah mejadi kota pintar. (Baca Juga: Dirut Telkomsel: TSO Beda Tipis dengan kantor Google

 

Untuk mewujudkannya tentu juga harus didukung enam indikator, di antaranya pintar dari segi smart government, society, living, economy, environment, dan mobility.

 

“Saat ini Indonesia berada pada level satu. Masyarakat dan pemerintahan harus pintar dulu,” kata Firdaus.

 

Dengan begitu, tutur Firdaus, untuk mencapainya segalanya juga harus didukung dengan jaringan operator yang pintar. Sebab, kualitas informasi dan teknologi adalah faktor utamanya.

 

“Sekarang ini siapa yang cepat menguasai informasi, maka dialah memenangkan kompetisi. Semoga dengan hadirnya 4G LTE ini dapat membantu proses Pekanbaru menjadi smart city,” katanya. (Klik Juga: Logo ATM Bersama Berganti Wajah 

 

Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, kehadiran layanan 4G LTE di Pekanbaru diharapkan dapat mendukung terwujudnya visi Kota Pekanbaru sebagai pusat perdagangan dan jasa.

 

“Sebagai kota dagang, Pekanbaru memiliki aktivitas perputaran barang dan jasa yang tinggi, sehingga layanan 4G LTE ini dapat diandalkan menjadi modal penting untuk pertumbuhan ekonomi kota terbesar di Riau ini,” katanya.

 

Ririek mengatakan, Pekanbaru juga dinilai telah memiliki ekosistem digital yang cukup siap dengan kehadiran 4G LTE. Terlihat dari tingginya pertumbuhan kebutuhan konsumen terhadap layanan data, hingga kualtal ketiga 2015 sekitar 90 persen dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya.

 

Dengan begitu, Telkomsel menjawabnya melalui layanan 4G LTE untuk menikmati berbagai layanan digital lifestyle secara maksimal. (Lihat Juga: Pisang Madu Ini Karya Mahasiswa UIN Suska Pekanbaru

 

“Yang kita incar itu populasi kotanya mendekati 100 persen. Bukan geografi suatu daerah. Karena itu pula untuk daerah-daerah pelosok secara khusus belum tercover keseluruhannya,” kata Ririek.

 

Kini untuk layanan mobile broadband, teknologi ini sudah mencakup lebih dari separuh Kota Pekanbaru, termasuk lokasi-lokasi strategis seperti wilayah perkantoran Jalan Sudirman, Mal SKA, Plaza Senapelan, Mal Ciputra, Pasar Bawah dan lain-lain.


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline