Awet Muda di Usia 40 Tahun, Begini Caranya

wajah.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Memasuki usia 40 tahun, seorang wanita merasa minder karena kulit mulai mengalami proses penuaan seperti keriput, kusam, flek hitam, kerutan di mata, kehilangan elastisitas dan kulit kering. Maka dari itu, diperlukan sedikit sentuhan khusus agar kulit bisa terlihat lebih sehat.

 

"Penuaan kulit bisa terjadi alami yaitu pengaruh genetik serta faktor lingkungan seperti merokok, gizi buruk, stres, dan polusi, " ujar Inneke Halim, Spesialis Dokter Kulit di Bethsaida Gading Serpong, Tangerang, Sabtu, 28 November 2015. Sebagaimana dikutip RIAUONLINE.CO.ID dari laman Tempo.co

 

Perlindungan terhadap matahari

 

"Sinar matahari dapat merusak, menyebabkan flek hitam, kulit kusam, dan kerutan bertambah," ujar dia. Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, pakailah tabir surya minimal SPV 30. "Ulangi penggunaan tabir surya 2 jam sekali," lanjutnya. (KLIK: Ini Bahaya Mengintai Anda Yang Kurang Tidur)

 

Gunakan pelembab

 

Sama seperti tabir surya, pelembab juga wajib diaplikasikan. Seiring bertambahnya usia, ada kecenderungan lemak semakin bekurang maka dari itu kulit menjadi kering.

 

Bersihkan wajah dengan lembut

 

Menjaga kebersihan wajah juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. "Scrubbing diperbolehkan asalkan tidak dilakukan setiap hari," ujar Inneke. (BACA: 4 Jenis Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol)

 

Makanan sehat dan bergizi

 

Konsumsi makan makanan yang menyehatkan. Untuk usia emas, biasakan mengkonsumsi sayuran hijau serta buah berry.

 

Hindari Gerak berulang

 

"Hindari gerakan ekspreai berulang misalnya cemberut atau mengerutkan kening karena sedang berfikir," kata ahli kulit ini. Gerakan berulang ini, ia melanjutkan, akan meninggalkan bekas terutama berkontraksi terus menerus.

 

Tidur yang cukup

 

Hindari Alkohol dan Rokok. Alkohol dan rokok wajib dihindari. Menurutnya, rokok dan bisa membuat kulit cepat kering dan cepat keriput.

 

Suplemen antioksidan

 

Di usia muda, mengkonsumsi suplemen antioksidan mungkin tidak terlalu dibutuhkan. Namun, untuk usia emas yakni 40 tahun keatas, konsumsi suplemen antioksidan untuk merawat kulit sehat sangat disarankan.