5 Jenis Makanan Ini Buat Jantung Sehat

kedelai.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Penyakit jantung merupakan penyakit yang bisa dialami oleh siapapun, baik tua maupun muda. Meskipun kematian akibat penyakit jantung telah mengalami penurunan, hal tersebut tidak secara otomatis membuat kita aman.

 

Pola diet sehat dan olahraga selama ini disebut-sebut mampu menekan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung.

 

Salah satu kunci untuk menjaga jantung tetap kuat adalah dengan menjaga makanan yang masuk ke dalam perut. Jika tidak dijaga, ini bisa menjadi sangat buruk.

 

Dilansir dari laman Suara.com, di bawah ini ada lima cemilan sehat yang bisa dikonsumsi agar jantung tetap kuat selama beberapa tahun ke depan seperti dilansir Foxnews. (KLIK: 4 Jenis Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol)

 

1. Apel

 

Buah yang satu ini diyakini mampu menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung koroner dan kardiovaskular. Apel memiliki komponen yang memang bermanfaat untuk jantung.

 

Pektin, merupakan serat yang membantu makanan larut ketika masuk ke dalam tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, apel juga mengandung antioksidan, seperti quercetin, epicatechin, dan epigallocatechin.

 

Hal ini dapat menghambat peradangan dan mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan aterosklerosis dan masalah kardiovaskular lainnya.

 

2. Popcorn

 

Camilan satu ini dikenal sebagai 'teman' saat di bioskop. Namun, selain itu ternyata popcorn juga bisa menjadi 'teman' untuk jantung Anda. 

 

Popcorn mengandung polifenol, jenis antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Bahkan, penelitian di University of Scranton menunjukkan bahwa popcorn memiliki tiga kali lebih banyak polyphenol dibandingkan kacang merah, yang merupakan sumber polifenol nabati tertinggi.

 

Namun, popcorn yang sehat untuk jantung adalah popcorn yang cara pembuatannya benar. Hindari menggunakan mentega, dan garam saat mengolahnya. Gunakan minyak zaitun dan bumbu-bumbu yang berasal dari rempah-rempah agar Anda tidak menyesal.

 

3. Anggur

 

Anda mungkin pernah mendengar bahwa anggur merah baik untuk jantung. Kadar polypehenol ditemukan dalam anggur merah, sedangkan resveratrol, juga ditemukan dalam buah anggur dari semua warna. (LIHAT: Awet Muda di Usia 40 Tahun, Begini Caranya)

 

Buah anggur yang segar menyediakan perlindungan bagi jantung. Anggur memiliki nutrisi yang kaya, termasuk vitamin C, vitamin B6, kalium, dan flavonoid.

 

Nutrisi ini dapat membantu tekanan darah yang sehat, mengurangi kolesterol LDL, memberikan efek anti-inflamasi, dan membantu jantung memompa darah dengan baik.

 

4. Yogurt

 

Apakah Anda tahu bahwa kesehatan gusi Anda secara langsung terkait dengan kesehatan jantung Anda? Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan penyakit gusi, dua kali lebih mungkin menderita masalah jantung.

 

Karena kemampuan untuk memberikan probiotik, atau "bakteri baik," studi menunjukkan bahwa yogurt dapat melindungi terhadap penyakit gusi, dan tentu jantung Anda.

 

 

Peneliti dari Jepang menganalisis pola diet dari hampir 1.000 orang dewasa dan menemukan orang-orang yang mengonsumsi susu (khususnya minuman yogurt) memiliki gusi sehat.

 

5. Kacang-kacangan

 

Kacang adalah pilihan camilan sehat yang cerdas. Meskipun beberapa orang berpikir kacang harus dihindari karena kadar lemak yang tinggi, studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang, - walnut, pecans, almond, hazelnut, pistachio - dua sampai empat hari atau lebih per minggu, memiliki tubuh lebih ramping dan memiliki insiden lebih rendah dari penyakit jantung daripada orang yang makan mereka kurang sering.

 

 

Namun, karena kacang juga dikenal mengandung kalori yang banyak, cukup mengkonsumsinya dalam jumlah yang seimbang, jangan berlebihan.