Pemerintah Siapkan Sirkuit Sentul Untuk MotoGP

Ianonne-dan-Rossi-Berpacu.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, JAKARTA - Pemerintah sedang menyiapkan peraturan presiden (perpres) untuk mendukung penyelenggaraan kejuaraan balap motor, MotoGP di Indonesia. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan perpres tersebut akan menyatakan tempat yang ditunjuk sebagai veneu untuk event MotoGP.

 

Pembicaraan perpres ini juga berkaitan dengan kesiapan infrastruktur yang akan digunakan untuk MotoGP. Rencana penerbitan perpres ini melibatkan Menteri Pariwisata, Menteri Pemuda dan Olah Raga serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. "Begitu perpres dibuat lalu lokasi ditetapkan," kata dia di di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu, 18 November 2015. Dikutip dari laman Tempo.co. (KLIK: Sudah Dapat Rp 3 Miliar, HMI Juga Minta Tiket Gratis)

 

Pemerintah membidik Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat sebagai tempat penyelenggaran MotoGP di Indonesia. Dengan mengeluarkan perpres, kata dia, pemerintah dapat mengintervensi dalam menyediakan sirkuit Sentul sebagai lintasan MotoGP. Dia memperkirakan perpres tersebut rampung pada akhir tahun ini.

 

Arief Yahya mengatakan saat ini kesiapan Sirkut Sentul untuk menjadi tempat balap MotoGP baru mencapai 80 persen. Sebanyak 20 persen perbaikan diperlukan untuk menyelaraskan standar kesulitan tikungan dan hal-hal lain. Arief memperkirakan investasi yang diperlukan untuk Sirkuit Sentul Rp 50 miliar. (LIHAT: Bos Honda Ini Puji dan Sanjung Rossi)

 

Dana ini nantinya akan diambil dari anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. "Untuk ukuran PU itu kecil, dia kan anggarannya Rp 100 triliun," kata dia.

 

Simak berita MotoGp lainnya dengan klik di sini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline