Cantiknya Burung Bangau Bisa Dilihat saat Menyusuri Sungai Siak

Bangau-di-Tepian-Sungai-Siak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SAAN)

Laporan: Saan

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tak mudah saat ini warga Kota Pekanbaru melihat atau menemukan burung bangau, burung udang dan burung pemakan ikan lainnya di kota yang sudah mulai menjadi Kota Metropolitan ini. Namun bila beruntung, unggas cantik tersebut bisa ditemui di beberapa tempat di tepian Sungai Siak.

 

Populasinya tidak banyak, tetapi dalam perjalanan menggunakan bus air dari Pelabuhan Sungai Duku menuju Okura, penumpang bisa menjumpainya dan terhibur dengan aksi burung-burung putih di pinggir sungai. Meskipun air Sungai Siak keruh, sisi menarik perjalanan ternyata masih ada. (BACA JUGA: Pelayaran Perdana Bus Air Sepi Penumpang)

 

"Itu burung bangau. Indahnya..," ucap Abdullah, salah seorang penumpang bus air saat melihat beberapa ekor burung putih kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa (3/11/2015).

 

Berangkat sekitar Pukul 09.00 WIB, udara masih terasa segar dan tiupan angin sepoi-sepoi, memberi suasa nyaman perjalanan. Masih ada dijumpai pepohonan hijau yang di bibir sungai. Sesekali juga tampak para nelayan lokal yang mencari ikan menggunakan sampan. (KLIK: Pemprov Nilai Kenaikan Gas Elpiji 3 Kg Tak Perburuk Stabilitas Ekonomi)

 

Masih tampak nelayan yang menangkap ikan dengan mengunakan peralatan tradisional. Saat kondisi sungai sedang surut, alat bubui cukup efektif digunakan untuk menangkap ikan.

 

Tidak hanya bangau dan burung-burung lucu yang hinggap di enceng gondok saja yang bisa ditemui dalam perjalanan 45 menit tersebut, penumpang juga bisa melihat sekelompok kera yang bergantungan di pepohanan tepi sungai.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline