Gara-gara Asap Bandara SSK II Lumpuh Lagi

Refund-Citiling.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/IZDOR)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru kembali lumpuh akibat asap. Tidak ada satupun penerbangan baik kedatangan maupun keberangkatan beroperasi lantaran landasan pacu tertutup asap. Hingga kini sebanyak 74 penerbangan batal.

 

"Jarak pandang hanya 300 meter," kata Duty Manajer Bandara SSK II, Pekanbaru Ongah Hasnan, Rabu, (21/10/2015).

 

Hasnan mengatakan, sejak pagi hingga sore tidak satu pun pesawat beroperasi di Bandara SSK II, Pekanbaru. Jarak pandang hanya 300 meter dinilai sangat beresiko melakukan penerbangan. Sebanyak 74 penerbangan dari total keseluruhan 78 penerbangan telah melakukan pembatalan. (KLIK: Walhi Bantu Warga Korban Asap Gugat Pemerintah)

 

Hasnan memperkirakan seluruh penerbangan bakal batal hingga malam, sebab belum ada terlihat tanda-tanda cuaca bakal membaik. Saat ini tersisa empat penerbangan untuk menunggu konfirmasi terbang atau batal. "Ada 3 pesawat Lion dan 1 pesawat Batik Air masih menunggu," katanya.

 

Ini merupakan hari keempat bandara Pekanbaru lumpuh setelah sepekan sebelumnya cuaca sempat membaik. Jadwal penerbangan kacau, tidak ada kepastian maskapai melakukan penerbagan atau tidak.

 

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru, Sugarin Widayat menyebutkan satelit Terra dan Aqua masih memantau 633 titik panas di sejumlah wilayah Sumatera. (BACA: Heri: Selama 2 Jam Luthfi Tak Ditangani Dokter)

 

Sedangkan untuk wilayah Riau, terpantau 25 titik, yang tersebar di Indragiri Hilir 13 titik, Indragiri Hulu 8 titik, dan Meranti 3 titik. "Tingkat keprcayaan di atas 70 persen atau 22 titik," ujarnya.

 

Kabut asap mengganggu jarak pandang di beberapa wilayah Riau, seperti Pekanbaru 500 meter, Rengat 500 meter, Dumai 300 meter, dan Pelalawan 200 meter.