Tabrani Rab Geram Pemerintah Lamban Tangani Asap

tabrani.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Zuhdy Febrianto)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tokoh Inisiator Gerakan Rakyat Riau Berdaulat, Prof Tabrani Rab sangat marah dan geram ihwal lalainya pemerintah menangani asap Riau yang kian parah. Pemerintah diniai lamban dalam penanganan  kebakaran hutan.

 

Tokoh yang pernah didaulat sebagai presiden Riau Berdaulat ini sampai mengeluarkan kalimat sumpah serapahnya kepada pemerintah sebagai pihak yang bertanggung jawab atas derita asap rakyat Riau rasakan sejak 18 tahun lalu ini. (KLIK: Setahun Jokowi, Luna Maya Pun Bicara Asap)

 

Dengan mengenakan baju putih serta jas yang sama warna, Tabrani berjalan dipapah oleh anak-anaknya. Meski umur tak lagi muda, ia masih semangat ketika kepentingan rakyat Riau dibicarakan. Ia kerap kali ikut berteriak merdeka ketika mendengar orasi bergantian dari massa aksi di depan kediamannya. "Merdekaaa... Merdekaaa," teriaknya sambil kepalkan tangan ke atas, Selasa (20/10/2015).

 

Susiana Tabrani, putri Tabrani Rab bertindak sebagai inisiator Gerakan Riau Melawan Asap ketika mendampingi ayahnya, menurutnya ucapan ayahnya adalah bentuk puncak kemarahan yang ia punya. "Itu adalah ekspresi emosional paling tinggi ayah kepada pemerintah yang dianggapnya lambat. Lalai," ujarnya usai membopong ayahnya. (BACA: Pesawat Australia Pulang, Dua Pesawat Rusia Datang

 

Aksi yang digelar di kediaman Tabrani ini dihadiri oleh berbagai elemen dan tokoh Riau. Tampak juga di sana hadir 2 ustaz kondang Riau, Abdul Somad dan Mustafa Umar. Keduanya turut berorasi mengutuk pemimpin yang dianggapnya sangat zalim kepada rakyatnya.