Hari Ini Terpantau 30 Hotspot di Riau

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Satelit Tera dan Aqua memantau 30 titik panas (Hotspot) di Riau, Selasa (20/10/2015). Padahal sehari sebelumnya nihil hotspot di Riau.

 

Lonjakan titik panas akibat kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah wilayah Sumatera. Hari ini, total hotspot mencapai 825 titik. Sehari sebelumnya sempat menyusut menjadi 124 titik. (BACA JUGA: Kebakaran di Lahan Gambut Sulit Dipadamkan, Ini Alasannya)

 

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sugarin Widayat, menjelaskan, jumlah terbanyak masih terdapat di Sumatera Selatan, yakni 654 titik api. "Itu hasil pemantauan pukul 07.00," katanya, Selasa, 20 Oktober 2015.

 

Menurut Sugarin, jumlah hotspot di Jambi 110 titik api, Bangka Belitung 28 titik api, dan Lampung 2 titik api. Untuk Kabupaten Meranti terpantau 10 titik, Siak 6 titik, Indragiri Hilir 6 titik, Indragiri Hulu 3 titik, Pelalawan 4 titik, dan Bengkalis satu titik.

 

Sugarin menjelaskan, secara umum, kondisi cuaca wilayah Riau berawan diselimuti kabut asap. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata terjadi pada sore hari di wilayah Riau bagian utara. "Temperatur maksimum 31,0-33,5 derajat Celsius," tuturnya.

 

Kabut asap membuat kondisi udara di beberapa wilayah Riau memburuk. Jarak pandang di Pekanbaru menurun hingga 400 meter, Rengat 800 meter, Dumai 500 meter dan Pelalawan 300 meter.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline