Aktual, Independen dan Terpercaya


Pilkada, Bagaimana Persiapan Bawaslu Riau?

Pilkada-Serentak-Riau.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU – Pimpinan Badan Pengawas Pemilu Riau Bidang Pengawasan Fitri Heriyanti mengatakan, Bawaslu Riau telah siap menyongsong perhelatan Pemilihan Kepala Daerah serentak, 9 Desember 2015 mendatang.


“Advokasi anggaran ke 9 kabupaten/ kota sudah kita lakukan, dan sumber daya manusia Panwaslu juga sudah kita siapkan. Yang jelas secara umum persiapan procedural dan teknis sudah kita penuhi sebelaum tahapan penetapan pasangan calon dilakukan,” kata Fitri, saat ditemui RIAUONLINE.CO.ID. Kamis (13/8/2015).


Perempuan berjilbab ini mengatakan, perisapan sumber daya manusia untuk kabupaten/ kota sudah dilakukan perekrutan secara ketat. Bawaslu melibatkan orang yang bersikap netral dan independen sebagai tim panitia seleksinya. Keseluruhan diambil para akademisi kampus agar penilaiannya objektif. Dia mengaku, proses rekrutmen sudah dilakukan sangat selektif dan ketat.


Ada banyak faktor penilaiannya soal perekrutan ini. Mesti kuat integritas, komitmen dan mentalitasnya. Bercermin pada Pileg dan Pilpres lalu lanjut Fitri, intensitas politiknya cukup kuat dirasakan di lapangan. Harus dibutuhkan sosok yang memiliki kekuatan mental.


"Jadi kan sangat bahaya sekali kalau petugas panwaslu tak siap mental dan kapasitasnya ketika ia di lapangan nanti. Sedangkan kita tahu banyak sekali singgungan kepentingan politik ketika pemilu ini digelar,” jelasnya.

 

(BACA JUGA: Bawaslu Berikan Pendidikan Politik Untuk Masyarakat)


Ia menambahkan, seusai diseleksi oleh tim pansel, para calon panwaslu kabupaten/ kota baru diserahkan kepada Bawaslu Provinsi untuk dilakukan Fit and Proper Test.


Hal ini kata dia, dilakukan sebagai upaya untuk mencari pimpinan Panwaslu yang berkompeten mengingat pilkada serentak untuk pertama kalinya di Riau. 
"Kita menjamin netralitas dari Bawaslu dan Panwaslu pada gelaran Pilkada serentak ini," ujarnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline