Bupati Kuansing Bakal Promosikan Pacu Jalur ke 172 Negara di Bali

Pacu-Jalur-Kuansing-1.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Tradisi dan budaya Pacu Jalur di Kabupaten Kuansing sebentar lagi akan semakin mendunia. Pacu jalur akan dikenalkan kepada 172 negara di dunia.

Ratusan perwakilan negara di dunia tersebut akan menghadiri World Water Forum ke-10 tahun 2024 di Pulau Dewata Bali.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kuansing Suhardiman Amby akan diberi kesempatan mempromosikan tradisi dan budaya Pacu Jalur yang sudah berusia satu abad lebih.

"Pak Bupati nanti akan diberikan kesempatan untuk mempromosikan pacu jalur di acara World Water From X yang akan digelar di Bali," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kuansing, Azhar kepada RIAU ONLINE, Selasa, 30 April 2024.


Pada acara tersebut, kata Azhar, juga akan digelar atraksi kesenian, menampilkan makanan khas daerah dan tradisi serta budaya di daerah. Kuansing katanya akan mempromosikan pacu jalur.

“Dengan promosi nantinya semoga makin banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke Kuansing. Acara tersebut akan digelar pada bulan Mei tahun ini,” katanya. 

Sama dengan tahun lalu, kata Dia, Pacu Jalur juga pernah dipromosikan kepada lebih dari 50 perwakilan kedutaan yang ada di Indonesia. Acara yang digelar di TMII Jakarta ini ramai dikunjungi.