Pacu Jalur Masuk 10 Terbaik Karisma Event Nusantara 2024

Pacu-jalur-2023.jpg
(Tangkapan layar/TikTok/Cecepjia)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Masyarakat di Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau patut bangga, dengan masuknya Festival Pacu Jalur (FPJ) ke dalam 10 besar terbaik 10 TOP Karisma Event Nusantara (KEN) tahun 2024.

Hasil tersebut diumumkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu, 28 Januari 2024 malam.

Acara tersebut langsung dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno. Pacu Jalur berhasil bersaing dengan 110 event yang masuk dalam KEN 2024.

Bupati Kuansing Suhardiman Amby menilai, masuknya Festival Pacu Jalur dalam 10 TOP KEN 2024 tentunya akan berdampak positif dalam menggeliatkan ekonomi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kuansing.


“Kami berharap Kemenparekraf RI terus konsisten ikut mempromosikan event budaya Pacu Jalur, semoga tahun depan event pariwisata yang masuk KEN semakin bertambah," kata Bupati disampaikan Sekda Kuansing Dedy Sambudi melalui keterangannya, Minggu, 28 Januari 2024.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Azhar mengatakan di pulau Sumatera hanya Pacu Jalur yang berhasil masuk kedalam kegiatan terbaik 10 besar TOP KEN 2024.

"Tidak hanya di Riau, tapi di Sumatera hanya Pacu Jalur yang masuk 10 besar TOP KEN 2024, ini prestasi yang sangat membanggakan," ujar Azhar.