Disparbud Kuansing Optimis Festival Pacu Jalur Masuk 10 Besar KEN 2024

Menparekraf-di-Kuansing1.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kuansing, Azhar optimis Festival Pacu Jalur (FPJ) masuk 10 besar Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.

KEN merupakan program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kegiatan tersebut juga rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

"Kita optimis Festival Pacu Jalur masuk kedalam 10 besar Karisma Event Nusantara (KEN) 2024," ujar Azhar kepada RIAU ONLINE, Jumat, 19 Januari 2024.

Festival Pacu Jalur nantinya akan bersaing dengan 81 event budaya lainnya yang ada di sejumlah kabupaten/kota dan Provinsi di Indonesia.


"Hasilnya akan diumumkan pada 28 Januari 2024 nanti di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kita minta doa dan dukungannya, dan kita optimis festival pacu jalur ini masuk 10 besar nantinya," kata Azhar.

Azhar juga menyampaikan alasan kenapa dirinya sangat optimis festival pacu jalur ini masuk 10 besar nantinya. Karena menurutnya pacu jalur ini sudah mendunia dan menjadi salah satu event terbesar di Indonesia.

"Di media sosial (medsos) bisa kita lihat tampilan pacu jalur ini sudah dilihat lebih dari 20 juta orang," pungkasnya.

Pacu jalur katanya juga even yang paling banyak menghadirkan pengunjung. Pacu jalur juga mampu menghidupkan dan menggerakan ekonomi masyarakat terutama melalui UMKM.

"Dari beberapa indikator tersebut maka kita optimis pacu jalur ini masuk 10 besar KEN pada 2024 ini," kata Azhar.