KPU Kuansing Temukan 229 Surat Suara Pemilu 2024 Rusak

Pelipatan-surat-suara-di-kuansing1.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuansing, Riau menemukan ratusan surat suara dalam kondisi rusak saat proses pelipatan.

Data KPU Kuansing untuk surat suara DPD ada sekitar 215 dalam kondisi rusak dan untuk Presiden dan Wakil Presiden ada 14 mengalami rusak.

Sekretaris KPU Kuansing, Roni Sasnita mengatakan, saat ini proses pelipatan masih terus berlangsung. Untuk sementara itu data surat suara yang ditemukan rusak saat proses pelipatan.

"Selain rusak ada juga yang cacat produksi seperti bintik-bintik, tapi itu sebagian masih ada digunakan," ujar Roni dihubungi RIAU ONLINE, Rabu, 10 Januari 2024.


Roni mengatakan surat suara yang ditemukan rusak ini masih bisa diganti. KPU kata Roni akan mengajukan berapa kekurangan terutama surat suara yang ditemukan rusak saat proses pelipatan.

"Sekarang (Rabu,red) pelipatan surat suara DPRD Provinsi yang masih berlangsung, untuk DPR RI dan DPRD Kabupaten masih jalan," katanya.

Sebelumnya Ketua KPU Kuansing Irwan Yuhendi mengatakan, proses pelipatan surat suara ditargetkan selesai 6 hari ke depan. Proses pelipatan telah dimulai pada Senin, 8 Januari 2024 kemarin.