Dinas Perikanan Kuansing Ajak Warga Gemar Konsumsi Ikan, Ini Manfaatnya

Dinas-Perikanan-Kuansing2.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN- Dinas Perikanan Kabupaten Kuansing mengajak seluruh masyarakat mulai balita, anak-anak, remaja, orang dewasa hingga orang tua untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Menurut Sekretaris Dinas Perikanan Kuansing, Dody Fitrawan, rajin mengkonsumsi ikan bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat terutama meningkatkan gizi masyarakat.

Mengkonsumsi ikan juga dapat membuat anak-anak sehat, cerdas, dan terhindar dari stunting. Rajin mengkonsumsi ikan dapat menghasilkan generasi-generasi yang cerdas dan berkompeten dalam membangun Kabupaten Kuansing kedepan.

Rajin mengkonsumsi ikan katanya tidak hanya memberikan dampak posititf bagi kesehatan masyarakat, tapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku usaha perikanan seperti pembudidaya, pengolah, dan pemasar ikan.

Untuk memenuhi kebutuhan ikan pemerintah melalui Dinas Perikanan juga telah memastikan jumlah ikan dipasaran mencukupi terutama dengan harga terjangkau, serta tersedia berbagai jenis ikan, terutama ikan lokal seperti nila yang melimpah dan harga yang terjangkau.

"Angka konsumsi ikan kita di tahun 2022 masih 41,69 kg/kapita. Ini tergolong rendah sehingga menjadi perhatian kita bersama," kata Dody saat menghadiri acara pemberian paket makanan serba ikan di Kopah, Kecamatan Kuantan Tengah, Senin, 13 November 2023.

Dia berharap kedepan masyarakat Kuansing lebih gemar lagi untuk mengkonsumsi ikan demi terpenuhinya gizi masyarakat. Apalagi Kuansing juga menjadi salah satu daerah penghasil ikan di Provinsi Riau.