Kuansing Diselimuti Kabut Asap, BPBD: Kiriman dari Bengkalis

Kabut-asap-di-Kuansing.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Kabut asap menyelimuti Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dalam beberapa hari terakhir. Namun, kabut asap tersebut tidak mengganggu jarak pandang.

"Ini kabut asap kiriman, karena ada kebakaran lahan gambut di Bengkalis," kata Kepala Pelaksana (Kelaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuansing, Andrizul dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 29 September 2023.

Andrizul mengatakan bahwa hari ini terdapat satu kasus kebakaran lahan di Kuansing. Kebakaran terjadi di daerah Beringin, Kecamatan Kuantan Tengah.

"Tadi ada sekitar satu hektar lahan kebun karet milik masyarakat yang mengalami kebakaran, kalau kemarin ada tujuh titik hotspot," katanya.


Pemkab Kuansing, kata Andrizul juga telah menyampaikan kepada seluruh camat se-Kuansing untuk membuat imbauan ke desa-desa agar masyarakat tidak melakukan kegiatan membakar.

"Apalagi kita memasuki cuaca ekstrem sekarang, kita khawatir di musim kemarau ini api dengan cepat membakar sesuatu apabila ada kegiatan membakar terutama di sekitar areal perkebunan," katanya.