991 Pantarlih Pemilu 2024 Datangi Rumah Warga Kuansing untuk Coklit

Ilustrasi-petugas-pantarlih.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sebanyak 991 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah resmi dilantik oleh Petugas Pemungutan Suara (PPS) pada 6 Februari 2023 lalu.

Mulai Minggu, 12 Februari 2023, ratusan petugas Pantarlih mulai melakukan aktivitas mendatangi rumah warga untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pemilu 2024.

"Hari ini petugas mulai bekerja mengunjungi setiap rumah warga melakukan coklit bagi pemilih," ujar Wigati, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Kuansing, Sabtu, 11 Februari 2023, kemarin.

Wigati mengatakan, dari 991 jumlah petugas Pantarlih terdiri dari 398 laki-laki dan 593 perempuan. Tugas mereka mendatangi setiap rumah warga melakukan Coklit untuk memutakhirkan data dan daftar pemilih pada Pemilu 2024.

"Pelaksanaan Coklit akan berlangsung lebih kurang satu bulan kedepan mulai 12 Februari - 14 Maret 2023," kata Wigati. 


Wigati berharap kerjasama warga Kuansing terutama mempersiapkan KTP serta Kartu Keluarga (KK) untuk dilakukan pendataan.  

"Peran serta masyarakat sangat kita harapkan untuk mensukseskan Pemilu 2024 mendatang dengan memberikan data valid kepada petugas kita dilapangan," katanya. 

Petugas kata Wigati juga akan diberikan bimbingan teknis untuk melakukan Coklit di lapangan nanti.  

"Semua petugas sudah siap melakukan coklit," tutupnya.